Peringati Hari Pohon Sedunia, Ratusan Bibit Pohon Ditanam di DAS Cisarua Cipanas Cianjur

Ratusan Bibit Pohon Ditanam di DAS Cisarua Cipanas Cianjur
Kegiatan penanaman pohon ini digagas Komite Sub DAS Cikundul DAS Citarum Harum dalam moment peringatan Hari Pohon Sedunia.
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Ratusan bibit pohon ditanam di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisarua, Lebak Cisarua, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Sabtu (25/11).

Kegiatan penanaman pohon ini digagas Komite Sub DAS Cikundul DAS Citarum Harum dalam moment peringatan Hari Pohon Sedunia.

“Panitia berhasil mengumpulkan bibit pohon sejumlah kurang lebih 800 bibit pohon, yang ditanam secara bertahap di beberapa wilayah dan akan terus ditanam, selain penanaman panitia berkomitmen juga untuk merawat dan mengawal pertumbuhan pohon,” ungkap, Koordinator Komite Sub DAS Cikundul DAS Citarum Harum, Herry Trijoko dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11/2023).

Baca Juga:Persib Menang 5-1 atas Dewa United, Ciro Alves Cetak HattrickHari Guru Nasional, Cianjur Masih Kekurangan Guru

Herry mengatakan, kegiatan tersebut berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan elemen masyarakat dan dihadiri unsur Pemerintahan Desa Sindanglaya, kecamatan, KTH, UPTD Bidang Pertanian 3 Kecamatan Cipanas Pacet Sukaresmi, Perwakilan Balithi Cipanas, Perwakilan Badan Penyuluh Pertanian Cipanas, Kepala Bank Artha Graha beserta jajarannya, pelajar dan lainnya.

“Kegiatan diawali dengan jalan santai pagi dari titik start di SMA Muhammadiyyah lalu berjalan menyusuri Jalan Kampung Sukasari menuju Lapang Kantor Balithi Cipanas, di Kantor Balithi semua peserta yang berjumlah kurang lebih 200 peserta diberikan pengarahan dan dibagi pohon serta dibagi kelompok untuk melanjutkan perjalanan menuju lokasi acara yang jalanannya cukup terjal dan menurun juga licin, sehingga pihak panitia menyiapkan tim evakuasi medis untuk membantu para peserta sampai ke lokasi kegiatan,” katanya.

Herry mengungkapkan, kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia Sanusi yang dilanjutkan dengan doa bersama serta pertunjukan seni ritual tanggal diiringi alat musik Sunda Karinding serta alunan Rebab Biola dari komunitas seni Baraya Anjang-anjangan dan Cipanas Cakrawala Kreatif.

Termasuk pertunjukan seni teatrikal anak dari SDN Sukasarana dan Rampak Puisi Alam. Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis penanaman pohon oleh 10 perwakilan unsur pemerintahan dan masyarakat yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh semua peserta di area Lebak Cisarua.

“Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Hari Pohon Sedunia dengan mengangkat Tema
‘Sungai tidak hanya membawa air, tapi juga membawa kehidupan’ dipandu oleh Kang Uwe dari Komunitas Terminal Teater. Kegiatan diskusi rencana akan dilanjut ke FGD (Forum Group Discussion), semoga gerakan kecil ini bisa menjadi gerakan besar yang bisa membangun kehidupan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(hyt)

0 Komentar