5 Wisata Panjat Tebing di Jawa Barat, Tertinggi Kedua Se-Asia

Wisata panjat tebing di Jawa Barat
Wisata panjat tebing di Jawa Barat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Wisata panjat tebing di Jawa Barat kini semakin banyak dicari para pecinta olahraga ekstrem. Aktivitas ini semakin hits karena menawarkan keseruan anti mainstream.

Meski begitu, untuk dapat melakukan panjat tebing perlu keterampilan dan alat-alat khusus karena nantinya akan dihadapkan dengan medan berkontur bebatuan.

Nah buat Kamu yang senang dengan aktivitas ini, Cianjur Ekspres telah merangkum 5 wisata panjat tebing di Jawa Barat yang memiliki spot menarik. Penasaran apa saja?

Baca Juga:Lokasi Via Ferrata Purwakarta, Siap Uji Adrenalin Pecinta Ketinggian!5 Wahana Seru di Puncak Fantasy Land, Ada Perosotan Raksasa!

5 Wisata Panjat Tebing di Jawa Barat

1.Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat

Gunung Parang, sebuah destinasi pendakian di Purwakarta, menawarkan area panjat tebing yang menantang.

Dengan ketinggian mencapai 930 meter di atas permukaan laut (MDPL), Gunung Parang yang terletak di Desa Sukamulya, Purwakarta, Jawa Barat, merupakan gunung batu andesit tertinggi di Indonesia.

Hebatnya, spot Gunung Parang ini menjadi yang tertinggi di Indonesia bahkan kedua di Asia.

2. Tebing Citatah, Kabupaten Bandung Barat

Tebing Citatah memiliki tiga tebing dengan penamaan yang menggambarkan tinggi jalur pendakiannya. Ketiga tebing tersebut adalah Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125.

Wisata Tebing Citatah sangat diminati oleh para pencinta panjat tebing karena spotnya dapat diakses oleh berbagai kalangan. Bagi pendaki pemula, Tebing Citatah 48 dengan ketinggian 40-50 meter dapat menjadi pilihan untuk mencoba aktivitas panjat tebing.

Sementara itu, bagi pendaki tingkat lanjutan, pengalaman memanjat tebing dengan ketinggian 90-125 meter dapat diuji di Tebing Citatah.

3.Tebing Ciampea, Bogor

Tebing Ciampea, sesuai dengan namanya, terletak di Desa Ciampea yang berdekatan dengan pusat Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:Rute Fairy Garden Bandung, Wisata Edukatif untuk Liburan Akhir SemesterSerunya Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor, Cocok untuk Wisata Akhir Tahun Sekolah!

Tebing Ciampea merupakan destinasi yang sangat sesuai untuk pemanjat tebing tingkat pemula karena medannya yang tidak begitu sulit. Di lokasi ini, terdapat sekitar 5 jalur pendakian yang dapat dipilih oleh para pengunjung untuk aktivitas panjat tebing.

Ketinggian Tebing Ciampea bervariasi, yakni sekitar 30-50 meter saja, sehingga cocok untuk para pemula yang ingin mencoba pengalaman panjat tebing.

4. Goa Belanda Pangalengan, Bandung

Selain dikenal sebagai goa yang menarik, Goa Belanda juga memiliki tebing yang cocok untuk panjat tebing. Lokasinya yang tersembunyi memberikan pengalaman mendaki yang unik.

0 Komentar