Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter bagi Para Gen Z?

pendidikan karakter
ilustrasi: Dokumentasi Cianjur Ekspres/Tiara Safitri
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres – Pendidikan karakter merupakan sebuah proses pembentukan sikap pada setiap individu manusia dari kurang baik menjadi lebih baik. Selain pendidikan karakter, etika juga berperan penting untuk kehidupan generasi z (gen z) seperti sekarang.

Sebagaimana diketahui, kini gen z sudah banyak dipengaruhi oleh gawai maupun media sosial. Menurut survey Mckinsey Health Institute kepada lebih dari 42 ribu responden dari 26 negara, lebih dari sepertiga gen z mengaku menghabiskan lebih dari 2 jam sehari untuk menggunakan sosial media.

Mereka mengaku sosial media sangat berpengaruh kepada kesehatan mentalnya. Apabila dibandingkan dengan generasi lainnya, gen z merupakan kalangan yang paling banyak merasakan dampak negatif dari media sosial.

Baca Juga:Pertumbuhan UMKM Kreatif Masih Terkendala PromosiKPU Cianjur Umumkan DCT Pemilu 2024, Cek Daftarnya Disini

Seiring dengan berjalannya waktu, media sosial pun terus berkembang. Jika penggunaan media sosial tidak dilakukan secara bijak, maka bisa menciptakan pengaruh yang buruk pada para gen z. Maka dari itu, diperlukan adanya pendidikan karakter serta etika.

Lalu, di mana kita bisa mendapatkan pendidikan karakter dan etika? Sebenarnya, kita bisa mendapatkan pendidikan karakter dan etika di mana saja. Mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun pertemanan.

Peran orang tua dan keluarga dalam pendidikan karakter serta etika mempunyai pengaruh yang amat besar. Sebab, bagi seorang anak, orang tua dan keluarga merupakan tempat untuk pulang, tempat berbagi cerita, keluh kesah, dan lain sebagainya.

Orang tua pun bertanggung jawab untuk mengayomi, menasehati, serta mendidik anak-anaknya agar selalu berada di jalan yang diridai oleh Tuhan. Maka tak heran, sejak kecil kita sudah diajarkan adab serta etika. Contohnya, ketika akan makan, minum, atau tidur, kita diajarkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Begitu pula saat akan berangkat sekolah atau bepergian ke luar, kita pun dibiasakan untuk berpamitan dan meminta doa kepada orang tua.

Kemudian peran teman dalam pendidikan karakter dan etika untuk gen z juga sangat berpengaruh. Seorang teman yang baik, tentunya akan selalu mengajak kita kepada hal-hal yang positif. Ketika kita berada di jalan yang salah atau telah melampaui batas kewajaran, maka teman yang baik akan menasehati kita agar dapat berubah. Teman yang baik juga akan membawa kita meninggalkan hal-hal buruk yang telah kita lakukan.

0 Komentar