Seberapa Pentingkah Pendidikan Karakter bagi Para Gen Z?

pendidikan karakter
ilustrasi: Dokumentasi Cianjur Ekspres/Tiara Safitri
0 Komentar

Maka, di masa seperti sekarang, kita harus lebih pandai memilih teman. Jangan sampai berteman dengan seseorang yang dapat menjerumuskan kita ke jalan yang tidak benar.

Pendidikan karakter pun bisa didapatkan di sekolah, yakni dalam proses pembelajaran secara akademis maupun dari didikan para guru atau tenaga pengajar. Seorang pengajar tak hanya dituntut untuk mentransfer ilmu, namun juga mengajarkan akhlak yang baik, adab, serta etika kepada para pelajar.

Pendidikan karakter dan etika sangatlah penting, terlebih bagi kita yang tengah menuntut ilmu. Bahkan di dalam kitab Ta’lim Mutaalim karangan Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji, disebutkan di halaman 17 dalam bab mengangungkan ilmu dan ahlinya ilmu yang artinya adalah “tidaklah berhasil seseorang yang berhasil kecuali dengan melakukan hormat dan tidaklah gagal seseorang yang gagal kecuali meninggalkan hormat dan ta’dzim”.

Baca Juga:Pertumbuhan UMKM Kreatif Masih Terkendala PromosiKPU Cianjur Umumkan DCT Pemilu 2024, Cek Daftarnya Disini

Maka di dalam menuntut ilmu, termasuk dalam kehidupan sehari-hari, kita hormat dan ta’dzim baik kepada guru maupun kepada ilmu itu sendiri. (Tiara Safitri)

0 Komentar