Viral Camat Campakamulya Patok Uang Rp 6,5 Juta per Desa untuk Lomba

camat
ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres – Beredar pesan berantai di aplikasi percakapan Whatsapp (WA) adanya perintah Camat Campakamulya pada para kepala desa untuk menyiapkan sejumlah uang, untuk ‘partisipasi’ dalam tiga kegiatan lomba yang akan dilaksanakan pada November dan Desember 2023 mendatang.

Dalam pesan berantai tersebut menyebutkan nominal uang tersebut, yakni Rp 5 juta per desa untuk kegiatan Lomba MTQ tingkat Kabupaten Cianjur pada 20 November 2023, Rp 1 juta per desa untuk mengirimkan delegasi Lomba Tingkat III Gerakan Pramuka pada 25 Desember 2023, dan Rp 500 ribu per desa untuk Lomba Posyandu tingkat Kabupaten Cianjur pada 9 November lalu.

Artinya total ‘partisipasi’ masing-masing desa sebesar Rp 6,5 juta. Kemudian dana itu dikumpulkan paling lambat 9 November 2023. “Dikirim langsung ke Sekmat Campakamulya. Dum trims (Abah Camat),” seperti yang tertulis dalam pesan berantai tersebut.

Baca Juga:Angin Kencang Rusak Dua Rumah di PamoyananPuluhan KJA Rusak Akibat Luapan Air dan Sampah dari Sungai Cisokan

Saat dikonfirmasi, Camat Campakamulya Candra Dwi Kusumah membenarkan soal penarikan iuran. Namun dirinya tak memberikan penjelasan detail soal adanya penarikan iuran senilai Rp 6,5 juta per desa tersebut.

“Oh, muhun (iya),” singkatnya.

Terpisah, Kepala Subagian Bina Mental dan Spiritual Kesra Setda Kabupaten Cianjur Dindin menegaskan pihaknya tidak pernah mengenakan biaya apapun pada peserta Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang akan berlangsung pada 20 hingga 23 November 2023 mendatang.

“Kita dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sudah meng-cover semua kegiatan MTQ, jadi tidak ada lagi biaya yang ditarik dari peserta,” ujar Dindin saat dihubungi Cianjur Ekspres, Sabtu (11/11/2023).

Menurutnya tiap kecamatan di Cianjur akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba MTQ tersebut. Jumlah peserta sendiri tergantung berapa lomba yang akan diikuti oleh rombongan perwakilan kecamatan yang nantinya disebut khafilah.

“Misalnya dari suatu kecamatan, mengikuti semua cabang lomba. Itu khafilah-nya bisa sampai 40 orang untuk pesertanya saja. Itu diserahkan pada khafilah kecamatan masing-masing,” kata dia.

Saat ini, pendaftaran untuk lomba MTQ masih berlangsung. Pihaknya juga masih akan melakukan technical meeting untuk kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Pacet.

Di sisi lain, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib pun menampik jika pihaknya mematok nominal untuk peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang III (LT III) Gerakan Pramuka yang rencananya akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan (Buper) Cibodas pada 25 sampai 29 Desember 2023 nanti.

0 Komentar