Dukungan Palestina dengan Emoji Semangka, Apa Artinya?

Makna emoji semangka dukungan Palestina
Makna emoji semangka dukungan Palestina
0 Komentar

Larangan itu berlangsung hingga 1993, ketika Kesepakatan Oslo melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di dalam Israel.

Pada waktu antara perang dan perjanjian, semangka menjadi simbol protes. Irisan semangka, dengan buah merah cerah, kulit hijau-putih, dan bintik-bintik biji hitam, mengandung semua warna bendera Palestina.

Buah itu juga tersedia untuk digunakan dalam demonstrasi menentang pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza, di mana pengunjuk rasa membawa irisan semangka sebagai pengganti bendera.

Baca Juga:Tak Ada Air, Perempuan Palestina Minum Pil Pencegah MenstruasiPostingan Gal Gadot Pro Israel Disukai Artis Indonesia, Siapa Aja?

Hari ini, Israel tidak lagi melarang bendera Palestina secara hukum. Namun, para pemimpin terkemuka Israel telah menyatakan penentangan terhadap pengibaran bendera dalam pengaturan protes.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut kehadiran bendera di protes sebagai “hasutan.” Tahun ini, menteri keamanan nasional Israel Itamar Ben-Gvir memberi wewenang kepada polisi dan Pasukan Pertahanan Israel untuk menghapus pajangan itu.

“dalam kasus di mana mereka menganggap ada ancaman terhadap ketertiban umum,” menurut Al Jazeera, dan mengatakan bahwa mengibarkan bendera Palestina adalah tanda dukungan untuk terorisme.

Jadi, bahkan ketika bendera diizinkan secara hukum, individu yang mendiskusikan Palestina sering memilih eufemisme dan simbolisme untuk menghindari sensor atau disalahartikan sebagai teroris, karena beberapa pengguna Meta berada di Instagram tahun ini.

Emoji semangka, yang ditambahkan ke keyboard pada tahun 2015, adalah bagian dari warisan ini. Tak lama setelah peluncuran emoji, posting tentang budaya, olahraga, dan politik Palestina mulai menampilkannya.

Orang-orang mengambil simbol itu dan mulai menggunakannya lebih sering selama putaran kekerasan lain pada tahun 2021. Emoji tetap menjadi simbol populer untuk Palestina sejak itu.

Pada platform seperti TikTok dan Instagram, menggunakan emoji buah alih-alih bendera Palestina atau kata-kata Israel atau Palestina juga dapat menggagalkan sensor algoritmik atau filter pemblokiran pengguna.

Baca Juga:Suporter Indonesia: Pilih Megawati Atlet Voli Berkerudung Bukan BerkondeIni 3 Perusahaan Israel di Indonesia yang Sering Digunakan

Jika Anda pernah melihat eufemisme seperti “tidak hidup” atau “le dollar bean” digunakan di TikTok untuk membahas topik seperti bunuh diri atau hak LGBTQ+, itu ide yang serupa. (TikTok belum merilis daftar kata-kata yang dilarang atau disensor, tetapi mengatakan memiliki konten terbatas untuk sugestif seksual, kekerasan, darah kental, atau “nilai kejutan.”)

0 Komentar