Jenis Jambu Biji yang Bisa di Budidayakan

Jenis Jambu Biji
Jenis Jambu Biji
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Buah yang memiliki banyak manfaat mudah untuk dibudidayakan, beberapa jenis jambu biji ini sangat mudah untuk dipelihara.

Jambu biji atau sering juga disebut jambu batu ini adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Buah yang memiliki warna hijau diluar ini dengan daging yang berwarna merah atau putih rasanya asam manis yang sangat segar, dikenal dengan kandungan vitamin C yang banyak.

Baca Juga:Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit SehatDeretan Bunga Mawar Langka di Dunia

beberapa macam atau kultivar jambu biji ini ada di Indonesia sejak lama, sebagian introduksi dari negara lain. Mau tahu apa saja ? Yuk lanjutkan membacanya!

Jenis Jambu Biji

Jambu Australia

Jambu biji australia diintroduksi dari Australia. Kekhasannya adalah daunnya yang berwarna merah keunguan. Walaupun buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanam di pekarangan lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah matang, tetapi tawar bila belum matang.

Jambu Sukun

Kata “sukun” berarti “tidak berbiji”. Jambu varietas unggul ini memang tidak memiliki biji, kalaupun ada hanya 2-3 biji. Daging buahnya putih kekuningan dengan rasa manis agak asam. Teksturnya agak keras, renyah, dan beraroma wangi. Bentuk buahnya mirip apel, dengan ukuran panjang antara 4–5 cm.

Kulit buahnya bila matang berwarna hijau keputihan. Meskipun relatif sedikit dan buahnya berukuran kecil akan tetapi jambu ini tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun ternyata jambu sukun jika pohonnya ditanam dan berbuah didekat jambu biji maka akan cenderung berbiji kembali berbeda dengan jambu kristal.

Jambu Bangkok

Jambu bangkok merupakan sebutan untuk jambu biji dengan buah yang besar. Beberapa memang diintroduksi dari Thailand. Salah satunya adalah ‘jambu sari’. Bentuk buahnya bulat sempurna dengan garis tengah sekitar 10 cm. Ukuran buah mentahnya lebih besar daripada ketika matang.

Jambu Biji Kristal

Jambu kristal ini dikembangkan pertam di Indonesia oleh IPB (Institut Pertanian Bogor) sebetulnya jambu ini bukan benar-benar tanpa biji melainkan kurang dari 3% bagian buah jadi sepintas jambu biji kristal ini hampir tanpa biji.

Jambu Tanjung Barat

Memiliki dua varian ada yang putih dan merah, untuk yang putih dikenal sebagai jambu susu putih yang lebih banyak digemari karena rasa manisnya, dagingnya juga tebal dan teksturnya begitu lembut.

0 Komentar