Lapuk dan Kondisinya Memprihatinkan, Warga Gotong Royong Perbaiki Jembatan Gantung di Takokak

ilustrasi warga
ilustrasi: Dokumentasi Moch Sidik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Warga bersama aparat Desa Wargasari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur gotong royong melakukan perbaikan jembatan gantung penghubung antar kabupaten. Kondisi jembatan tersebut sudah memprihatinkan dan membahayakan pengguna jembatan.

Diketahui, jembatan tersebut merupakan akses dari jembatan Leuwi Munding sebagai penghubung antara Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur dengan Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

 

Kepala Desa Waringinsari, Nadir Muharram Abdurrahman, mengatakan, jembatan tersebut sudah berusia hampir 25 tahun dan tak pernah diganti. Saat ini pihaknya melakukan perbaikan secara swadaya dengan masyarakat.

Baca Juga:Gempa Sukabumi Terasa Dua Kali Getaran? Ini Penjelasan BMKG20 Orang Keracunan Setelah Makan Nasi Bungkus Muludan

“Kondisinya sudah rusak parah. Jembatan terbuat dari kayu dan besi. Besinya sudah berkarat dan lasannya banyak yang rusak. Selain itu kayunya pun banyak yang lapuk. Akhirnya kami bersama masyarakat dan pengusaha setempat melakukan perbaikan secara swadaya,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, melalui sambungan telepon seluler, Senin (2/10/2023).

Megawati Ternyata Pernah Telepon Presiden Rusia Vladimir Putin, Buat Apa?

“Ini memang akses satu-satunya untuk warga. Untuk perbaikan sudah dilakukan dari Minggu sampai sekarang,” tuturnya.

“Perbaikan jiga menghabiskan anggaran sekitar Rp6 jutaan untuk kayu, ganti besi, bayar tukang las dan lainnya,” ucapnya.

Nadir menuturkan, akibat kondisinya yang sudah lapuk dan berlubang, membuat tak sedikit warga mengalami kecelakaan, seperti terpeleset dan jatuh. Namun beruntung belum ada korban jiwa.

“Kemarin-kemarin tak sedikit warga yang terjatuh karena jembatannya kan ada yang bolong, dia bawa sepeda motor dan terjatuh. Tapi Alhamdulillah belum ada korban jiwa, hanya luka saja,” ungkap dia.

Nadir berharap pemerintah terkait agar segera membantu memperbaiki jembatang gantung itu. Agar segera bisa diakses juga oleh kendaraan beroda empat.

0 Komentar