Terkuak! Sabana Gunung Gede Sengaja Dibakar

Terkuak! Sabana Gunung Gede Sengaja Dibakar
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Misteri terbakarnya sabana di Alun-alun Suryakencana temui titik terang. Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Sapto Aji Prabowo mengungkapkan jika Alun-alun Suryakencana sengaja dibakar oleh sosok berbaju putih.

Hal tersebut diperkuat rekaman CCTV dari TNGGP di lokasi kebakaran yang memperlihatkan munculnya titik api di sabana, dan terlihat sosok baju putih yang berjalan menjauh dari arah titik api.

“Update dari penyelidikan kebakaran di Alun-alun Suryakencana, dari CCTV yang kami analisis ada dugaan unsur kesengajaan membakar,” tulis Sapto melalui pesan singkat, Senin (25/9/2023).

Baca Juga:PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di IKNIni Spesifikasi yang dimiliki Honda Supra X, Motor Andalan?

“Dalam video, ada sosok berbaju putih yang ada di lokasi awal titik api, baik sebelum dan sesudah asap muncul. Sosok berbaju putih itu berjalan dari arah Gunung Putri menuju arah Gunung Gemuruh,” sambungnya.

Namun, lanjut Sapto, pihak BBTNGGP tidak bisa lakukan identifikasi pada sosok baju putih tersebut karena keterbatasan resolusi CCTV.

Sebelumnya, pada Senin (18/9/2023) siang sekitar pukul 12.58 WIB, titik api terpantau di kawasan sabana Alun-alun Suryakencana di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Akibat kebakaran di Alun-alun Suryakencana tersebut, 2,95 hektar sabana hangus terbakar. Selain itu ada 56 orang tim yang melakukan identifikasi dampak kebakaran pada hamparan Bunga Edelwais juga wilayah tanaman Bunga Cantigi Gunung.

“Dari 2,95 hektar yang terbakar itu didominasi padang rumput (sabana) yang capai 89 persen, sembilan persen tanaman Bunga Edelwais, dan dua persen tanaman Bunga Cantigi,” beber Sapto.

0 Komentar