Alasan Diganti Pertamax Green 92, Pertamina: BBM Pertalite Pertamax Masih Impor

Pertamax dan Pertalite masih impor
Pertamax dan Pertalite masih impor
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Salah satu alasan Pertamina menghadirkan Pertamax Green 92 ialah karena bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite masih impor.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan 30 persen produk BBM jenis Pertamax dan Pertalite masih impor.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi volume impor dua produk tersebut, Pertamina berencana mencampurnya dengan etanol yang bahan bakunya tersedia di dalam negeri.

Baca Juga:Bonceng Anak Istri, AHY Santai Naik Vespa GTS Super Sport 150Catat! Ini Jenis Kendaraan untuk Pertamax Green 92

Pertamina akan menaikkan oktan (RON) jenis Pertalite dari 90 menjadi 92 yang kemudian berubah menjadi Pertamax Green 92.

Harapannya, Pertamax dapat diproduksi seperti biodiesel yang merupakan campuran solar dengan etanol. Sehingga, Pertamina tak perlu lagi melakukan impor dalam jumlah besar.

“Untuk gasoline (bensin) seperti Pertamax dan Pertalite, 30 persen masih impor,” kata Nicke dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang ditayangkan YouTube Kemendagri RI, Senin (4/9).

Oleh sebab itu Pertamina berencana akan mengganti gasoline impor dengan tamanam seperti jagung, tebu, sawit, singkong dan lainnya.

Pertamax misalnya, akan memiliki campuran etanol dan tanaman pangan seperti tebu.  Dengan campuran 7 persen etanol atau E7, Pertamax akan berubah menjadi Pertamax Green 92.

Sementara BBM Solar sudah lebih dulu dicampur dengan sawit atau biodiesel, sehingga Pertamina tidak lagi impor.

Nantinya, kata Nicke jika usulan tersebut dapat dibahas dan menjadi program pemerintah, harganya pun tentu akan diatur oleh pemerintah.

Baca Juga:Kemarau Diprediksi Hingga 2024, BMKG: Pulau Jawa Masuk Zona ‘Awas’Bikin Heboh! Oklin Fia Jadi Duta MUI: Saya Merasa Jauh Lebih Baik

Pertamina Jual Tiga Produk

Rencananya, tahun 2024 mendatang Pertamina hanya akan menjual tiga produk bensin yaitu Pertamax Green (RON 92), Pertamax Green 95 (RON 95), dan Pertamax Turbo.

Sementara Pertalite dan BBM RON 90 tidak akan dijual lagi lantaran akan dicampur dengan etanol menjadi Pertamax Green 92.

Demikian informasi mengenai alasan Pertamina hadirkan Pertamax Green 92 sebab untuk mengurangi Pertamax dan Pertalite maish impor.

0 Komentar