Inilah Hari Maritim Nasional yang Benar

Hari Maritim Nasional
Doc : Hari Maritim Nasional
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Hari Maritim Nasional (HMN) merupakan peringatan tahunann guna tingkatkan kesadaran akan potensi marittim Indonesia yang begitu melimpah. Peringatan ini kerap dianggap tanggal 21 Agustus, namun yang sebenarnya adalah tanggal 23 September.

Tanggal peringatan Hari Maritim Nasional (HMN) adalah 23 September, penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 249 tahun 1963 tentang Hari Maritim yang terbitkan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1964.

Alasan Hari Maritim kerap menyebutnya pada tanggal 21 Agustus karena berkaitan dengan kemenangan angkatan laut Indonesia dalam mengalahkan armada militer laut Jepang pada 21 Agustus 1945.

Baca Juga:Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?Timnas Garuda Hanya Menang Tipis Atas Timor Leste, Begini Kata Shin Tae Yong

Peringatan ini memiliki tujuan untuk sadar akan pentingnya laut sebagai sumber daya yang strategis tentang kelanjutan lingkungan laut serta perkuat semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap warisan nusantara.

BACA JUGA : Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?

Alasan Indonesia Dijuluki Negara Maritim

Alasan utama karena Indonesia memiliki kondisi geografis yang lebih banyak laut daripada daratannya.

Melihat dari definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi maritim merupakan sebagaian hal yang berkenaan tentang laut, terutama hal yang berhubungan dengan pelayaran dan perdagangan laut.

Melansir dari modul berjudul Kajian Kemaritiman oleh Universitas Negeri Surabaya, pengertian sempitnya hanya berhubungan dengan pengaruh dan angkatan laut.

Sementara itu, negara maritim dalam arti seluas-luasnya meliputi semua kegiatan yang berhubungan dengan laut atau terkenal dengan istilah kelautan.

Asal Mula Indonesia Dijuluki Negara Maritim

Dalam deklarasi Djuanda tahun 1957 menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang miliki corak yang khas. Sejak dahulu kala kepulauan Nusantara ini adalah satu kesatuan.

Mengutip dari buku Mengawal Perbatasan Negara Maritim oleh Laksamana Tedjo Edhy Purdijatno, status Indonesia sebagai negara kepulauan telah akui oleh dunia internasional.

Baca Juga:Klasemen Grup B AFF U-23 2023, Indonesia Berharap Ke Tim LainIndonesia Berhasil Unggul 1-0 Lawan Timor Leste

Mendapat pengakuan ini melalui konvensi PBB tentang hukum laut atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) pada tahun 1982.

Alasan Indonesia mendapat julukan negara maritim :

1. Wilayah Laut yang Luas

Indonesia miliki kekayaan laut yang luas daripada daratannya. Totalnya mencapai angka 70 persen dari total keseluruhan luas wilayah negara ini.

2. Kekayaan Laut Melimpah

Tak hanya luasnya, kekayaan dalamnya begitu indah sehingga begitu takjub melihatnya dan kaya akan hasil laut yang begitu beragam membuat Indonesia memiliki beberapa macam spesies endemik unik.

0 Komentar