UTD PMI Cianjur Kekurangan Stok Darah A, B, dan AB

Kabupaten cianjur
Ilustrasi: Dokumentasi moch sidik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur kekurangan stok darah golongan A, B, dan AB. Untuk memaksimalkan stok darah, PMI melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan memanfaatkan donor kekuarga.

Kepala UDD PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri, mengatakan secara garis besar untuk stok darah aman. Hanya saja ada golongan darah tertentu yang masih kekurangan stok, salah satunya golongan darah A.

“Jadi dalam satu pekan terakhir biasanya stok untuk golongan A ini lebih dari 20 labu. Untuk di Minggu ini di bawah 10 labu,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (8/8/2023).

Banyak Dibutuhkan, PMI Cianjur Kekurangan Stok Darah Golongan AB

Baca Juga:Tak Ada Lagi Lintasan Zigzag, Masyarakat Kini Lebih Mudah Dapatkan SIMTak Sekadar Wacana, Warga-Pemkab Harap Jalan Tol Bosuciba Segera Direalisasikan

“Selain golongan darah A yang kekurangan, juga ada golongan B dan AB. Nah kalau untuk stok per bulan, dua bulan terakhir agak sedikit berkurang. Kalau untuk golongan lain masih aman,” katanya.

Hal ini menurut Fikri lantaran minimnya pendonor yang datang langsung ke UTD PMI Kabupaten Cianjur.

PMI Cianjur Imbau Warga Rutin Donor Darah

Dia mengatakan untuk stok per hari ini ada di angka 214 untuk seluruh golongan darah. Guna mengatasi kekurangan stok, sekarang terdapat pula grup WhatsApp khusus golongan darah A dan AB.

Tak hanya itu, media sosial resmi UTD PMI Cianjur pun telah memberikan pengumuman bagi para pendonor yang sudah waktunya mendonorkan darah, untuk bisa datang di kantor UTD PMI Kabupaten Cianjur, Jalan Bypass.

“Selain itu, giat mobile unit ke beberapa kecamatan yang rutin kita lakukan. Jadi kalau misalnya saat ini ada yang membutuhkan golongan A, lebih dari dua labu biasanya kami mengandalkan donor keluarga. Itu terlepas apakah golongannya sama atau tidak silahkan,” kata dia.

0 Komentar