Tak Ada Lagi Lintasan Zigzag, Masyarakat Kini Lebih Mudah Dapatkan SIM

Masyarakat
Ilustrasi: Dokumentasi Ikbal Slamet
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Guna semakin memudahkan masyarakat, Polres Cianjur lakukan penyesuaian lintasan uji praktik SIM C. Selain itu, pihak kepolisian pun melaksanakan pelatihan khusus kepada pemohon SIM agar memastikan mereka lulus, hingga mendapatkan surat izin mengemudi.

Kanit Regident Satlantas Polres Cianjur Iptu Dhenia Istikadewi memastikan berdasarkan arahan Kapolri serta penetapan Korlantas Polri, lintasan pengujian SIM C telah berubah.

Seperti diberitakan sebelumnya, jalur berbentuk angka 8 dalam ujian SIM kini ditiadakan. Pemohon SIM pun tinggal melaju mengikuti jalur yang telah dibuat membentuk seperti huruf S.

Dah Jalur Zigzag! Begini Lintasan Baru Ujian SIM C

Baca Juga:Tak Sekadar Wacana, Warga-Pemkab Harap Jalan Tol Bosuciba Segera DirealisasikanKondisi Cuaca Buruk, Pendakian Saat 17-an di Gunung Gede Ditutup Sementara

Sehingga pengendara hanya menaati aturan yang telah ditetapkan, seperti berhenti di tanda ‘stop’, serta uji reaksi di akhir jalur.

“Perubahan ini berlaku sejak beberapa hari lalu. Ini sesuai penetapan yang baru. Mempermudah pemohon SIM tetapi tidak mengurangi esensi menguji keterampilan berkendara,” kata dia, Selasa (8/8/2023).

Dia mengatakan usai pemberlakukan lintasan pengujian yang baru ini, pemohon SIM menjadi bertambah. Tak sedikit pula para pemohon yang langsung lolos di percobaan pertama.

Mengupayakan Optimalisasi Pajak Daerah, Inilah Syarat dan Ketentuan Pemutihan Pajak Kendaraan

“Tadi juga ada satu yang membuat SIM, begitu uji praktik langsung bisa lulus,” kata dia.

Dia menjelaskan Satlantas Polres Cianjur pun mengadakan pelatihan untuk para pemohon SIM. Bukan cuma pelatihan ujian praktik, namun juga uji teori.

Menurutnya hal tersebut dilakukan agar para pemohon SIM bisa lulus dengan lebih baik dalam setiap pengujian.

Baca Juga:Pria Bawa Sajam Nyaris Jadi Sasaran Emosi Warga Karena Tabung GasTim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Korban Tertimbun Longsor

“Sudah sejak lama kita adakan program pelatihan dengan nama ‘Simantul’. Ini pelatihan untuk warga yang ingin membuat SIM. Pelatihannya dari teori hingga praktik. Ini digelar setiap Sabtu dan gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun,” ucapnya.

Dia berharap pemohon SIM bisa memanfaatkan layanan pelatihan tersebut. Walaupun lintasan dalam pembaruan ini dinilai lebih mudah.

0 Komentar