PMI Cianjur Imbau Warga Rutin Donor Darah

PMI Cianjur Imbau Warga Rutin Donor Darah
DONOR DARAH: Tampak kegiatan donor darah. Kebutuhan darah di Cianjur setiap bulannya mencapai 1.800 labu darah. (FOTO: Ist)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, mengimbau masyarakat agar lebih peduli kepada sesama dengan cara rutin mendonorkan darahnya minimal dua bulan sekali.

Hal tersebut diutarakan Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2023.

“Karena setetes darah itu merupakan nyawa bagi orang lain,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga:Komisi D DPRD Cianjur Minta Proses PPDB DipermudahKabupaten Cianjur Selatan Masih Tunggu Keputusan Pusat

Dia mengungkapkan, berdasarkan data dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Cianjur, rata-rata jumlah pendonor darah aktif mencapai angka 800-900 orang per bulannya. Jumlah tersebut menurut Fikri masih kurang karena kebutuhan darah di Cianjur mencapai 1.800 per bulan.

“Untuk menutupi kekurangan itu, kita menggencarkan kegiatan mobile unit atau mendatangi kelompok pendonor di kecamatan-kecamatan yang sudah mulai rutin menggelar donor darah massal per dua bulan sekali,” katanya.

Fikri pun berharap, agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur juga bisa aktif ikut serta mendonorkan darahnya.

“Kalau 10 persen dari jumlah ASN di Cianjur mendonorkan darahnya rutin setiap bulan, sudah bisa menutupi kebutuhan darah untuk rumah sakit dan klinik sebanyak 1.800 labu darah,” tandasnya.(hyt/sri)

0 Komentar