Dampak dari Bencana Kekeringan

Dampak dari Bencana Kekeringan
Dampak dari Bencana Kekeringan
0 Komentar

CIANJUREKSPRESKekeringan adalah salah satu bencana alam yang terjadi secara alamiah maupun karena ulah manusia. Seperti bencana pada umumnya, bencana kekeringan tentunya terjadi karena ada penyebab dan juga memiliki dampak yang ditimbulkan bagi manusia dan lingkungan.

proses terjadinya kekeringan diawali dengan berkurangnya jumlah curah hujan di bawah normal pada satu musim. Jumlah curah hujan yang rendah akan menyebabkan berkurangnya cadangan air tanah (kekeringan meteorologi), yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, kondisi di wilayah tersebut juga akan terganggu, mulai dari menurunnya tinggi permukaan air seperti sungai dan waduk (kekeringan hidrologi), hingga berkurangnya cadangan air untuk tanaman (kekeringan pertanian) yang banyak menyebabkan gagal panen, bahkan berpotensi menimbulkan kebakaran pada wilayah di atasnya.

BACA JUGA: Pengertian Kekeringan Menurut Badan Meteorologi dan Bappenas

Baca Juga:Pengertian Kekeringan Menurut Badan Meteorologi dan BappenasFaktor-Faktor Penyebab Kekeringan Adalah

Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan dari terjadinya bencana kekeringan di suatu wilayah:

1. Banjir bandang, pepohonan mati, tanah menjadi gundul, yang pada musim hujan akan menjadi mudah tererosi dan banjir.

2. Urbanisasi, akibat hilangnya bahan pangan karena tanaman pangan dan ternak mati, petani kehilangan mata pencaharian.

3. Kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan menjadi rentan penyakit.

Adapun gejala-gejala terjadinya kekeringan dapat diketahui melalui ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

1. Menurunnya tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu musim. Pengukuran kekeringan Meteorologis merupakan indikasi pertama adanya bencana kekeringan.

2.Kemudian terjadi kekurangan pasokan air permukaan dan air tanah. Kekeringan ini diukur berdasarkan elevasi muka air sungai, waduk, danau dan air tanah.

3.Kekeringan pada lahan pertanian ditandai dengan kekurangan lengas tanah (kandungan air di dalam tanah).

Baca Juga:Penyebab Terjadinya Kekeringan Karena Faktor dari Curah Hujan di Bawah NormalCara Mencari Diskon dengan Berbelanja Secara Online

Itulah beberapa dampak bencana kekeringan yang berdampak tidak bagus dan separuhnya penyebab bencana kekeringan itu karena ulah manusia.

0 Komentar