Pengertian Kekeringan Menurut Badan Meteorologi dan Bappenas

Pengertian Kekeringan Menurut Badan Meteorologi dan Bappenas
Pengertian Kekeringan Menurut Badan Meteorologi dan Bappenas
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kekeringan termasuk dalam bencana hidrometeorologi. Kekeringan didefinisikan sebagai defisit curah hujan pada suatu wilayah dalam periode tertentu.

Sementara pengertian kekeringan menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), adalah kondisi kurangnya air bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya pada suatu wilayah yang biasanya tidak kekurangan air. Kekeringan merupakan kondisi normal dari iklim di setiap wilayah.

proses terjadinya kekeringan diawali dengan berkurangnya jumlah curah hujan di bawah normal pada satu musim. Jumlah curah hujan yang rendah akan menyebabkan berkurangnya cadangan air tanah (kekeringan meteorologi), yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga:Faktor-Faktor Penyebab Kekeringan AdalahPenyebab Terjadinya Kekeringan Karena Faktor dari Curah Hujan di Bawah Normal

BACA JUGA: Salah Satu Penyebab Kekeringan yang Melanda Beberapa Daerah Akhir Ini

Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, kondisi di wilayah tersebut juga akan terganggu, mulai dari menurunnya tinggi permukaan air seperti sungai dan waduk (kekeringan hidrologi), hingga berkurangnya cadangan air untuk tanaman (kekeringan pertanian) yang banyak menyebabkan gagal panen, bahkan berpotensi menimbulkan kebakaran pada wilayah di atasnya.

kekeringan yang terjadi secara alamiah dibedakan menjadi empat jenis, yaitu kekeringan meteorologis, kekeringan hidrologis, kekeringan agronomis, dan kekeringan sosial ekonomi. Berikut penjelasannya:

1. Kekeringan meteorologis merupakan kekeringan yang disebabkan karena tingkat curah hujan suatu daerah di bawah normal.

2. Kekeringan hidrologis terjadi ketika pasokan air tanah dan air permukaan berkurang.

3. Kekeringan agronomis berkaitan dengan berkurangnya kandungan air di dalam tanah, sehingga pertumbuhan tanaman dapat terganggu.

4. Kekeringan sosial ekonomi merupakan merupakan muara dari semua kekeringan yang telah terjadi sebelumnya karena adanya bencana ini menyebabkan adanya krisis sosial dan ekonomi.

Baca Juga:Cara Mencari Diskon dengan Berbelanja Secara OnlineBerikut 7 Kode Voucher Shopee Hari Ini, Bisa Langsung Diambil Diskon dan Cashbacknya

Sementara kekeringan antropogenik adalah kekeringan yang disebabkan karena ketidakpatuhan pada aturan. Berikut beberapa kondisinya:

1. Kebutuhan air lebih besar dari pasokan yang direncanakan.

2. Kerusakan kawasan tangkapan air, sumber air, akibat perbuatan manusia.

0 Komentar