Penyebab Terjadinya Kekeringan Karena Faktor dari Curah Hujan di Bawah Normal

Penyebab Terjadinya Kekeringan ialah Faktor dari Curah Hujan di Bawah Normal
Penyebab Terjadinya Kekeringan ialah Faktor dari Curah Hujan di Bawah Normal
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya bencana kekeringan di suatu wilayah. Baik kekeringan yang terjadi secara alamiah maupun kekeringan yang terjadi karena ulah manusia.

Mengutip dari berbagai sumber berikut adalah beberapa faktor penyebab kekeringan dan penjelasannya.

1. Pengelolaan SDA
Kekeringan dapat terjadi karena masyarakat suatu daerah belum bisa mengelola sumber daya air yang ada secara baik, ataupun prasarana sumber daya air yang kurang. Kekurangan sumber air pun dapat menjadi penyebab bencana ini.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Diskon Alfamart Akhir Pekan, Banyak Untungnya!

Baca Juga:Cara Mencari Diskon dengan Berbelanja Secara OnlineBerikut 7 Kode Voucher Shopee Hari Ini, Bisa Langsung Diambil Diskon dan Cashbacknya

2. Sedikit pepohonan
Hal ini berarti, ketika musim kemarau datang daerah yang memiliki sedikit pohon akan memiliki cadangan air yang sedikit pula karena pohon-pohon tersebut sudah tergantikan oleh bangunan-bangunan khususnya di daerah perkotaan.

3. Vegetasi/lahan gundul
Wilayah dengan vegetasi lebat memiliki cadangan air yang lebih banyak, dibandingkan dengan wilayah yang tidak memiliki vegetasi atau lahan gundul. Vegetasi yang gundul artinya air yang meresap ke dalam tanah (infiltrasi) erkurang, karena fungsi akar sendiri menyerap dan menyimpan air dari hujan. Air yang tersimpan di dalam akar tersebut dapat digunakan sebagai cadangan ketika musim kemarau telah tiba.

4. Konsumsi air yang berlebihan
Hal ini disebabkan konsumsi air berlebih tidak diimbangi dengan sumber air yang berlebih pula. Konsumsi air berbanding terbalik dengan sumber air, artinya bencana ini dapat terjadi saat konsumsi air sudah melampaui batasnya namun sumber air hanya mengeluarkan air dengan jumlah yang sama (terbatas).

5. Curah hujan di bawah normal
Kekeringan dapat disebabkan karena suatu wilayah tidak mengalami hujan atau kemarau dalam kurun waktu yang cukup lama atau curah hujan di bawah normal, sehingga kandungan air di dalam tanah berkurang atau bahkan tidak ada.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kekeringan.

0 Komentar