Niat Puasa 1 Muharam 1445 H yang Jatuh Pada 19 Juli 2023

Niat Puasa 1 Muharam 1445 H yang Jatuh Pada 19 Juli 2023
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Menyambut bulan Muharam, umat muslim dianjurkan untuk berpuasa. Lantas bagaimana niat puasa satu Muharam? Simak ulasannya berikut.

Sebagai salah satu bulan yang mulia, umat muslim hendaknya memperbaiki amalan baik di bulan Muharam ini.

Terdapat beragam amalan yang bisa dilakukan, seperti berpuasa, bersedekah dan hal lainnya.

Baca Juga:Lengkap! Kunci Jawaban Teka-teki MPLS 2023, Buah Cium MatahariJadwal Rilis Manga One Shot Minato Berikut Link Baca, KLIK DISINI!

Namun bagi Anda yang akan berpuasa di awal bulan Muharam ini. Rasulullah SAW telah menjelaskan keutamaannya melalui sebuah hadits.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

Adapun bacaan niat puasa satu muharam adalah sebagai berikut:

Niat Puasa Satu Muharam

Nawaitu shaumal Muharrami lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’âlâ.”

Keutamaan

1. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Puasa Muharram memiliki keutamaan yang besar, karena berpuasa satu hari puasa di bulan ini dihitung sebagai 30 hari pahala puasa. Dalam kitab Al-Mu’jamul Kabir juga disebutkan bahwa puasa Muharram memiliki 30 kebaikan.

2. Diampuninya Dosa Satu Tahun Lalu

Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Asyura akan menghapus dosa selama 1 tahun yang lalu. Hal ini menegaskan adanya keutamaan puasa Muharram, khususnya puasa Asyura yang dilengkapi dengan puasa Tasua sehari sebelumnya.

3. Diterima Taubat

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila engkau ingin puasa setelah Ramadhan, maka puasalah di bulan Muharram. Sesungguhnya bulan itu adalah bulan Allah dan pada bukan itu pula terdapat satu hari di mana ketika suatu kamu bertaubat, Allah juga akan menerima taubat kaum yang lain.” (HR. Tirmidzi)

Demikian informasi mengenai niat puasa satu Muharam 1445 H yang jatuh pada 19 Juli 2023. Semoga bermanfaat.

0 Komentar