Urban Legend Terkenal di Indonesia, No 3 Bikin merinding!

Urban Legend Terkenal di Indonesia, No 3 Bikin merinding!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES — Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. Biasanya, kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, bahkan kisah moral.

Menurut penelitian Anas Ahmadi dari Universitas Negeri Surabaya, urban legend menjadi salah satu yang dicakup folklor hantu atau ghostlore. Dalam konteks urban legend, cerita hantu menempati rumah sakit, rumah makan, kampus, pabrik, jembatan, dan mal.

Hal itu ditulis Anas dalam penelitian bertajuk Legenda Hantu Kampus di Surabaya: Kajian Folklor Hantu (Ghostlore) Kontemporer dan diterbitkan dalam buku Folklore Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi (2013) yang disunting oleh Dr Suwardi Endraswara, M.Hum.

Baca Juga:Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang SundaTerowongan Casablanca, Urban Legend Jakarta yang Penuh Misteri

Kisah-kisah misteri urban legend yang masih diingat masyarakat saat ini salah satunya adalah soal hantu kuntilanak merah di terowongan Casablanca dan cerita kolor ijo.

1. Terowongan Casablanca

Terowongan yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ini merupakan salah satu lokasi yang dianggap angker.

Menurut kisah yang berkembang di masyarakat, tempat ini menjadi lokasi bunuh diri seorang lelaki paruh baya yang tidak diketahui namanya. Ia mati gantung diri menggunakan kain bekas spanduk.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa di lokasi terdapat hantu kuntilanak merah. Hantu ini sering mengganggu pengguna jalan.

Kabarnya, pengguna jalan wajib membunyikan klakson sebanyak tiga kali saat melewati terowongan ini. Hal ini bertujuan agar si pengguna jalan tidak mengalami kecelakaan.

2. Hantu Jeruk Purut

Kisah hantu tanpa kepala yang bergentayangan di Pemakaman Jeruk Purut merupakan salah satu cerita urban legend yang berkembang di Jakarta.

Menurut cerita warga, hantu tanpa kepala itu dulunya adalah seorang pastor yang hidup pada masa kolonial Belanda. Ia dibunuh dan kini menjadi arwah gentayangan.

Baca Juga:Jamu Peninggalan Zaman Majapahit yang Penuh Makna Kaya ManfaatInilah Fakta Menarik dari Film ‘INSIDIOUS: THE RED DOOR’

Hantu ini disebut sering menampakkan diri berkeliling di kuburan pada malam hari sambil menenteng kepalanya sendiri. Konon ia mencari kuburannya yang ternyata tidak kunjung ditemukan.

0 Komentar