Mitos yang Mewarnai Hari-hari Masyarakat Jawa

Mitos yang Mewarnai Hari-hari Masyarakat Jawa
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Mitos masyarakat Jawa selalu mengelilingi telinga semua orang, berikut adalah mitos yang harus kamu tau.

Anak gadis yang duduk di depan pintu akan sulit mendapat jodoh. Itu merupakan salah satu mitos yang berkembang diIndonesia, khususnya di Jawa.

Menurut Levi Strauss, mitos merupakan warisan yang berbentuk seperti cerita dari suatu tradisi lisan, dan mengisahkan tentang dewa-dewi, binatang, manusia dan lain sebagainya.

Baca Juga:Urban Legend Terkenal di Indonesia, No 3 Bikin merinding!Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda

BACA JUGA: 5 Pamali yang Perlu Kamu Tau Saat Berkunjung ke Tanah Sunda
1. Anak gadis duduk di depan pintu akan sulit jodoh

Percaya atau tidak, tinggal diambil sisi positifnya saja. Bahwasanya duduk di depan pintu akan menghalangi orang yang lewat. Sehingga, duduk di depan pintu menunjukkan ketidaksopanan pada orang yang hendak lewat.

2. Keluar rumah saat magrib bisa diculik wewe gombel

Orang tua zaman dahulu kerap mempercayai mitos ini. Mitos ini melarang anak-anak keluar rumah saat magrib.

Mereka percaya saat gelap datang, artinya waktu beristirahat di dalam rumah. Mitos itu kerap digunakan orang tua untuk meminta anaknya segera pulang bermain, saat magrib menjelang.

3. Duduk di bantal bisa bisulan

Mitos ini juga sering terdengar. Mitos ini untuk mengingatkan bahwa bantal digunakan untuk kepala, dan tidak sopan bila dijadikan alas duduk.

4. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Tanpa disadari, mungkin Anda pernah bersiul di malam hari. Lalu ditegur oleh orang yang lebih tua.

Mereka mengatakan, bersiul di malam hari dapat memanggil setan. Terlepas dari itu, bersiul di malam hari nyatanya mengganggu keluarga atau tetangga yang sedang beristirahat.

5. Makan sambil tiduran bisa jadi ular

Baca Juga:Terowongan Casablanca, Urban Legend Jakarta yang Penuh MisteriJamu Peninggalan Zaman Majapahit yang Penuh Makna Kaya Manfaat

Terlepas dari mitos ini, makan sambil tiduran berbahaya untuk kesehatan. Membawa makanan ke tempat tidur juga membuat kasur jadi kotor.

6. Nyapu tidak bersih akan mendapat suami brewokan

Mitos yang satu ini kerap melanda para gadis. Saat mereka menyapu, mungkin pernah mendengar mitos ini.

Terlepas dari mitos ini, kebersihan rumah memang penting untuk dijaga. Sehingga saat menyapu, jangan setengah-setengah, tapi harus diselesaikan sampai bersih.

0 Komentar