Kecurangan PPDB Jalur Zonasi, Warganet: Banyak yang Pindah KK Dadakan

Jalur Zonasi, Banyak yang Pindah KK Dadakan
Jalur Zonasi, Banyak yang Pindah KK Dadakan
0 Komentar

CIANJUREKSPRES-  Masyarakat menyesalkan adanya kecurangan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi. Belakangan bahkan viral seorang wali murid yang nekat mengukur jarak antar rumah dan sekolah, sebab anaknya tidak lolos PPDB zonasi.

Bukan hanya itu, sejak jalur zonasi diterbitkan. Tak sedikit orang tua yang menyesalkan regulasi tersebut dan mengusulkan untuk menghapus sistem zonasi.

Pada prosesnya, banyak pula ditemukan kecurangan-kecurangan dari proses PPDB jalur zonasi ini. Sehingga tak sedikit yang menghalalkan berbagai cara agar anaknya bisa masuk ke sekolah tujuan. Seperti memalsukan dokumen kartu keluarga.

Baca Juga:Anak Tak Lolos, Bapak Ini Buktikan Jarak PPDB Zonasi, Warganet: Jalur Donasi Aja!Kenali Ciri-ciri Threads Palsu Agar Tak Kena Serangan Hack

Melalui media sosial, warganet mengungkapkan kecurangan PPDB jalur zonasi melalui pemalsuan data kartu keluarga.

Mereka menyebut itu menjadi salah satu cara agar pendaftar bisa diterima di sekolah tujuannya,

“Pindah KK adalah kunci diterima,” ujar akun ri****

“Banyak yang titip ke keluarga yang dekat sekolah numpang KK,” kata akun t*****

“Pindah KK mendadak, dan enggak ada verifikasi,” timpal akun ad*******

Sementara itu Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat, Asep B Kurnia,menyatakan PPDB zonasi memang banyak disalahgunakan oleh oknum-oknum.

Selain indikasi kecurangan yang terjadi di jalur zonasi, ia juga menyoroti tentang masih adanya kuota petugas Covid-19 dalam PPDB tahun ini. Padahal, Presiden sudah menyatakan status pandemi COVID-19 menjadi endemi.

Oleh sebab itu, ia mengharapkan adanya evaluasi pada jalur zonasi di Jawa Barat secara menyeluruh.

“Harus ada arahan juga dari kepala daerah untuk mengaudit dari dinas-dinas terkait seperti Disdik, Disdukcapil, Dinsos, dan lainnya. Jadi harus betul-betul diperiksa bila perlu ada efek jera baik itu terhadap orang tua, sekolah, termasuk oknum dinas tersebut,” katanya.

Baca Juga:Jadwal Tayang Insidious The Red Door di Bioskop CianjurAdu HP Lipat Tipis, Honor Magic V2 vs Xiaomi Mix Fold 2

Demikian informasi mengenai kecurangan PPDB jalur zonasi dimana salah satunya adalah dengan memalsukan data kartu keluarga.

0 Komentar