Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam, Ketahui Amalan yang Dapat Dikerjakan

Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam, Ketahui Amalan yang Dapat Dikerjakan
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Tak banyak diketahui, terdapat beberapa keutamaan atau keistimewaan hari Jumat dalam agama Islam. Jumat merupakan salah satu dari enam hari dalam satu pekan.

Meski nampaknya seperti hari biasa, namun Jumat justru menyimpan banyak rahasia mengenai kemuliaannya dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Karena kemuliaannya, terdapat pahala yang berlipat dari Allah SWT bagi siapa saja yang mau mengerjakan kebajikan pada hari Jumat. Di samping mengerjakan ibadah wajib, umat Islam juga dapat menunaikan beberapa amalan yang disunnahkan pada saat hari Jumat tiba.

Baca Juga:Daftar Harga Kerudung Kain Motif Murah dan Terjangkau3 Cara Mudah Mengatasi Sakit Pinggang Dijamin Ampuh

Lantas, apa saja keutamaan hingga amalan di hari Jumat yang patut dipahami tersebut? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021), simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai keutamaan hari Jumat beserta amalan-amalannya.

Keutamaan Hari Jumat

1. Nabi Adam Diciptakan

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah penciptaan Nabi Adam. Rasulullah SAW menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah SWT pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Berikut sabdanya,

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

2. Hari Suci bagi Muslimin

Selain itu, keutamaan hari Jumat berikutnya yakni merupakan satu-satunya waktu suci di antara hari-hari lainnya. Maka dari itu, diwajibkan bagi para lelaki maupun wanita muslim untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan meninggalkan urusan dunia seketika.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS Al Jumu’ah [62]:9).

3. Pahala Dilipatgandakan

Pada hari Jumat, seluruh amalan yang telah dikerjakan seorang muslim akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Keutamaan hari Jumat yang satu ini disebut dalam firman Allah yang berbunyi sebagai berikut,

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:216).

0 Komentar