Pengelolaan Penanganan Bencana Gempa di Cianjur Tercepat di Nasional

Penanganan bencana
Ilustrasi: Dokumentasi Moch Sidik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Pengelolaan penanganan bencana gempa bumi Cianjur merupakan yang tercepat di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Bahkan, Amerika dalam waktu dekat akan studi banding ke Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, dirinya mendapat telepon dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

Info Terkini! Gempa Bantul Gegerkan DIY-Jateng di Malam Hari

Dia pun mengatakan Presiden RI sudah mengetahui terkait hal itu. Bahkan, Herman mendapatkan kabar bahwa penanganan bencana alam di Kabupaten Cianjur ini disorot oleh nasional. Negara Amerika Serikat pun dalam waktu dekat akan melaksanakan studi banding ke Cianjur soal penanganan bencana alam.

Baca Juga:Ada Kejanggalan Pelantikan Pejabat Cianjur, Peserta Lelang Jabatan Melapor ke OmbudsmanBupati Cianjur: Sekolah yang Selesai Diperbaiki Bisa Langsung Diisi Tanpa Seremonial

“Bahkan Amerika dalam waktu dekat akan ke Cianjur dalam rangka studi banding penanganan bencana alam. Nah ini terus terang saja bukan saya, saya hanya memanage, dan motornya adalah masyarakat dan OPD. Keberhasilannya adalah itu, saya hanya memanage saja,” ujarnya.

PCNU Sukabumi Studi Banding ke Cianjur

Herman mengungkapkan, keberhasilan Pemkab Cianjur dalam menangani bencana gempa karena adanya kekompakan. Dia pun mengungkapkan pada saat terjadi bencana, semua kepala OPD harus menjadi kepala BPBD.

“Ini kan kompak, di setiap desa ada para kepala OPD. Terus juga para camatnya kompak dengan forkopimcam nya, terus juga desanya dengan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dengan RT/RW semua kompak,” tuturnya.

Jokowi Sebut Bencana Alam di Indonesia Naik 81 Persen

“Walaupun ada sedikit-sedikit yang muncul wajar lah. Karena yang menanganinya banyak sekali, pasti ada satu atau dua. Tapi kalau dibandingkan dengan kabupaten lain kita paling cepat dalam penanganan bencana alam,” ungkapnya. (dik).

0 Komentar