Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Tahap Awal

Mengenal Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Tahap Awal
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gejala awal serangan jantung seringkali tak dirasakan sehingga banyak orang yang harus kehilangan nyawa karena penyakit ini. Padahal, ada sejumlah hal yang bisa menjadi ciri-ciri penyakit penyakit jantung.

Serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Suplai darah cukup penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke otot jantung agar bekerja optimal.

Misalnya, adanya penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Lambat laun, hal ini bisa menghambat aliran darah dan memicu serangan jantung.

Baca Juga:Mobil Listrik Kian Bertambah, PLN Hadirkan Lebih Banyak SPKLUArsenal Resmi Membawa Kai Havertz dari Chelsea

Selain itu, aktivitas fisik terlalu tingi, cuaca yang dingin dan stres juga bisa membuat pembuluh darah berkontraksi atau kejang yang dapat menurunkan suplai darah ke otot jantung. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, mulai dari saat ini perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri penyakit jantung pada tahap awal yang sering disepelekan. Berikut pertanda awal atau ciri-ciri penyakit jantung:

BACA JUGA: Mobil Listrik Kian Bertambah, PLN Hadirkan Lebih Banyak SPKLU

1. Aktif Bergerak

Cara mencegah penyakit jantung bisa secara perlahan melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat setidaknya 150 menit atau 2,5 jam setiap minggu atau 1 jam 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi seperti lari dan jogging atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Sebagai tambahan, Anda bisa melakukan latihan menguatkan otot baik itu di bagian kaki, pinggul, punggung, perut, pundak, dan lengan selama dua hari atau lebih. Anak-anak setidaknya harus aktif bergerak 60 menit per hari untuk mencegah penyakit jantung sejak dini.

2. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas atau berat badan berlebih jangan sampai dianggap remeh. Orang dengan obesitas cenderung memiliki kadar LDL kolestrol yang tinggi. Terlalu banyak kolestrol yang menyumbat arteri atau aterosklerosis, dapat juga menyebabkan serangan jantung.

3. Pilih Pola Makan Sehat

Bisa dibilang cara ini merupakan langkah paling dasar. Makanan yang Anda konsumsi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium.

0 Komentar