Yuk intip, 3 Tradisi Unik Prayaan Idul Adha di Indonesia

Yuk intip, 3 Tradisi Unik Prayaan Idul Adha di Indonesia
Tradisi Unik Idul Adha
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Idul Adha sering disebut sebagai Hari Raya Kurban dan selalu diperingati dengan penyembelihan hewan kurban.

Akan tetapi ada beberapa daerah Indonesia yang memiliki tradisi yang unik saat Idul Adha, pensaran apa aja? Yuk simak!

BACA JUGA: Yuk Intip Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Arafa 2023

3 Tradisi Unik Prayaan Idul Adha

1. Grebeg Gunungan di Yogyakarta

Tradisi ini merupakan tradisi khas Yogyakarta yang sangat meriah dengan mengarak hasil bumi dari halaman keraton sampai Masjid Gede Kauman.

Baca Juga:Yuk Intip Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Arafa 2023Inspektorat Daerah Provinsi Jabar Selesaikan Aduan Kasus Pungli PPDB

Arak-arak ini berjumlah tuga gunungan yang di susun menjadi hasil bumu seperti sayur dan buah. Gunungan ini di gambarkan dengan halaman kagungan dalem Masjid Gede, Pendopo Kawedan Pengulon, dan Kepatihan dan Puro.

Gunungan ini bisa dibagi dengan warga yang sedang menonton arakan dari hasil tani tersebut. Menurut keprcayaan setempat, jika ada yang berhasil mengambil hasil bumi dalam arak ini berarti mereka akan mendapatkan keberkahan.

BACA JUGA: Isi Liburan dengan Wisata Edukasi ke Kebun Raya Cibodas

2. Apitan di Semarang

Tradisi unik yang kedua adalah tradisi apitan, tradisi ini di lakukan oleh masyarakat Semarang dengan wujud rasa syukur atas rejeki dari hasil panen yang diberikan oleh Tuhan.

Tradisi ini mirip dengan grebeg gunungan khas Yogyakarta, akan tetapi tradisi khas Semarang ini di dahulukan dengan berdoa terlebih dahulu lalu disambung dengan arak-arak.

Tradisi apitan ini di percayai dan bahkan sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, bahkan sejak Wali Songo sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dalam perayaan Idul Adha.

BACA JUGA: Review Jujur Kelebihan smartphone flagship Oppo Find X6 Pro!

Baca Juga:Seluruh Jemaah Jabar Sudah Tiba di ArafahRidwan Kamil: Indeks Reformasi Birokrasi Jawa Barat Naik Kelas Kategori Sangat Baik

3. Gamelan Sekaten di Cirebon

Cirebon memiliki tradisi yang sangat unik saat Idul Adha yaitu gamelan sekaten. Tradisini ini memang sudah ada saat masa Sunan Gunung Jati, perayaan keagamaan ini di lakukan saat perayaan Idul Fitri, Idul Adha dan acara Maulid Nabi S.A.W.

Tradisi ini dirayakan dengan perpaduan alunan gamelan yang terletak di sekitar area Kraton Kasepuhan dan sebagai pertanda hari kemenangan khususnya saat perayaan Idul Adha.

0 Komentar