Sandang Geulis Kahuripan yang Mempesona Hati!

Sendang Geulis Kahuripan
Doc : Sendang Geulis Kahuripan
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Sendang Geulis Kahuripan, dan ada pula yang menyebutnya sebagai Sirah Cai Kahuripan. Sendang Geulis Kahuripan adalah sebuah nama mata air yang saat ini mulai populer,  memiliki mata air sangat jernih dan murni sehingga tidak mengherankan banyak pengunjung  ingin menikmati tempat ini.

Arti Nama Sendang Geulis Kahuripan

Talaga Cikahuripan memiliki arti “danau di tengah pegunungan yang memberi kehidupan” hampir sama dengan sebutan lainnya yaitu Sendang Geulis Kahuripan. “Sendang” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti, kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus. “Geulis” dalam bahasa sunda berarti cantik. Sedangkan “Kahuripan” dapat diartikan sebagai kehidupan.

BACA JUGA :

Berbagi Kehangatan Di Pemandian Air Panas Cileungsing Sumedang

Jadi Sendang Geulis Kahuripan memiliki arti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan mampu memberi kehidupan bagi orang disekitar.

Baca Juga:Resmi! Pemerintah Tetapkan Libur dan Cuti Idul Adha Selama 3 HariMengenal Banda Neira, ‘Surga’ Indonesia Timur

Pesona Danau

Talaga Cikahuripan adalah mata air alami yang membentuk sebuah kolam. Ukurannya tidak terlalu besar, namun yang paling menarik adalah airnya yang sangat jernih. Rimbunnya pepohonan dan berada di tengah perbukitan menjadikan tempat ini nampak cantik dan indah. Bahkan banyak para pengunjung yang datang untuk selfie di dalam air. Mata Air ini berguna bagi masyarakat sekitar untuk keperluan rumah tangga, pengairan sawah dan irigasi.

Selain itu mata air ini juga dipercaya mampu menyehatkan tubuh dan berguna bagi kulit. Tubuh yang terasa pegal-pegal akan segar kembali setelah berendam
di kolam yang airnya sangat dingin ini. Selain itu mata air ini dipercaya mampu mempercantik dan memperhalus kulit, serta mampu membuat orang yang berendam di kolam ini tampak awet muda.

Harga Tiket Masuk

Rp. 10.000 per orang

Lokasi

Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556

Rute Menuju Danau

Untuk bisa sampai lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Bisa berkendara meuju kawasan Cikalong Wetan hingga melewati perbatasan. Setelah melewati perbatasan Cikalong Wetan, perhatikan jalan sebelah kanan. Sekitar 3 KM dari batas kecamatan lalu akan  menemui sebuah pertigaan yang terdapat gapura berbentuk nanas.

0 Komentar