5 Tips Memilih Hewan Kurban Dengan Mudah

5 Tips Memilih Hewan Kurban Dengan Mudah
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Hallo sobat, nggak kerasa bentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha, yang tentunya menjadi moment bersedekah dengan cara berkurban.

Nah, bagi para umat muslim yang berencana untuk berkurban, nggak ada salahnya untuk melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban. Hal ini di lakukan supaya hewan yang kita kurbankan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah di tetapkan.

Secara umum, hewan yang akan di jadikan kurban harus berkategori halal secara Islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan kurban yang ada, tentu membuat kamu bingung untuk memilih hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga:Kamu Tim Bucin? 3 Rekomendasi Film Netflix Bareng Ayang Siap Menemani Kebucinan KamuResep Olahan Kambing Menu Utama di Hari Idul Adha

5 tips memilih hewan kurban

Pastikan Hewan Ternak

Umat muslim di perintahkan untuk mengkurbankan hewan ternak. Hewan ternak yang di perbolehkan untuk berkurban seperti, unta, kambing, domba, sapi, kerbau.

Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk di jadikan kurban.

Umur Hewan

Umur hewan yang di kurbankan sangat penting karena hewan kurban memiliki umur yang di syaratkan. Jika kamu ingin berkurban kambing atau domba, umur yang di syaratkan memenuhi kriteria kurban minimal berumur 1 tahun.

Jika kamu ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang di miliki oleh penjual.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Doa Menyembelih Hewan Kurban pada saat Idul Adha!

Tidak Cacat

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Hewan ternak yang di pilih harus hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu. Selain itu kamu juga mesti lihat bulunya yang harus bersih dan mengkilap.

0 Komentar