Libur Idul Adha 2023 Bakal Ditambah Jadi 2 Hari

Libur Idul Adha 2023 Bakal Ditambah Jadi 2 Hari
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah membuka opsi alternatif libur Idul Adha 2023 menjadi dua hari, yakni pada 28-29 Juni 2023.

Opsi itu muncul dalam pembahasan bersama empat menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menpan RB Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

“Kemarin sudah kita bahas, kita kaji bareng dalam rapat tingkat menteri di kantornya Pak Pratikno Menteri Sekretaris Negara. Hasilnya masih menunggu arahan dan kebijakan Bapak Presiden Jokowi,” ujar Menteri Anas di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Baca Juga:Suku Asli Indonesia Terancam PunahHarga Sapi dan Kambing Naik Jelang Idul Adha

“Kami bersama-sama telah mencari solusi terbaik untuk libur Hari Raya Iduladha bagi seluruh masyarakat, sehingga semuanya bisa berjalan baik, termasuk bagi para aparatur sipil negara (ASN),” imbuhnya.

BACA JUGA: Harga Sapi dan Kambing Naik Jelang Idul Adha

Pemerintah sendiri belum menetapkan waktu pelaksanaan Idul Adha lantaran baru akan menggelar Sidang Isbat pada 18 Juni 2023.

Di sisi lain, Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada 28 Juni 2023.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pihaknya akan mengkaji wacana libur Idul Adha sebanyak dua hari, usulan dari Muhammadiyah.

“Nanti kita kaji dulu lah itu,” kata Yaqut, ditulis Rabu (14/6/2023).

Usulan itu dikemukakan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyusul kemungkinan terjadi perbedaan tanggal perayaan Idul Adha 1444 H antara warga Muhammadiyah dengan versi pemerintah.

PP Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E 2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H yang menyebutkan 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Senin 19 Juni 2023, sehingga Idul Adha 1444 H —yang dirayakan setiap tanggal 10 Zulhijah— jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

Sementara itu, Pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 menetapkan hari libur nasional Idul Adha 1444 H jatuh pada 29 Juni 2023.

Baca Juga:Habib Jafar Sindir Percerain Desta dengan Natasha RizkiModis dan Kekinian, Outfit ke Kantor ala Jessica Mila

Oleh karena itu, di sela-sela Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kota Surakarta 2022—2027 pada Rabu (7/6) pekan lalu, Abdul Mu’ti mengusulkan di hadapan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa agar libur Idul Adha diberikan dua hari.

0 Komentar