Suku Asli Indonesia Terancam Punah

Suku Asli Indonesia Terancam Punah
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Beragam suku, bahasa dan budaya menjadi salah sati ciri khas dan kekayaan nusantara dengan kurang lebih 17ribu pulau.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa Tanah Air.

Namun dampak perkembangan penduduk, kemajukan teknologi serta kebijakan pembangunan, menyebabkan beberapa suku di Indonesia yang selalu kukuh menjaga kelestarian alam terancam punah, bahkan ada yang sudah sulit ditemui kelompoknya.

Baca Juga:Harga Sapi dan Kambing Naik Jelang Idul AdhaHabib Jafar Sindir Percerain Desta dengan Natasha Rizki

Padahal para penduduk suku ini, tinggal di daerah mereka sendiri yang sudah berabab-abad sebelum Indonesia Merdeka.

Seperti suku mante di pedalaman aceh, sekarang sudah tidak ditemukan lagi keberadaannya, walau beberapa waktu lalu sempat hoboh, karena ada satu orang diduga dari suku mante terekam kamera.

Juga Suku Wajak, ini mendiami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Saat ini keberadaan suku tersebut sudah tidak ditemukan, kemungkinan sudah berbaur dengan penduduk lainnya.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Gelar Dialog Generasi Muda Lintas Suku dan Agama 

Berikut ini beberapa suku yang terancam punah dilansir dari berbagai sumber:

1. Suku Mentawai

Suku Mentawai adalah suku kuno yang berada di kepulauan mentawai bagian dari wilayah Sumatra Barat dan Utara. Asal usulnnya yang misterius menjadi perdebatan dikalangan peneliti

Sejak masuknya orang luar dan perkembangan jaman, suku mentawai sudah berada pada generasi terakhir. Karena banyak anak anak suku mentawai yang tidak mengikuti budaya tradisional yang ditanamkan para leluhurnya.

Baca Juga:Modis dan Kekinian, Outfit ke Kantor ala Jessica MilaDeretan Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

2. Suku Anak Dalam

kebaradaan orang rimba di jambi terancam punah akibat hutan yang digunakan untuk tempat tinggal malah dibuat kawasan perusahaan. Bahkan tidak jarang mereka justru harus lari dari wilayah yang didiaminya sejak dulu. Keberadaan mereka saat ini semakin menurun terlebih sejak adanya kawasan sebuah perusahaan dikawasan hutan harapan.

Orang rimba merupakan salah satu komunitas terasing di provinsi jambi. Mereka terbagi dalam macam macam suku tergantung daerahnya. pemerintah setempat memutuskan menyebut orang rimba dengan sebutan anak dalam.

0 Komentar