Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Cianjur Siang Ini

Gempa Magnitudo 3,5 guncang Cianjur, Minggu (11/6/2023)
Ilustrasi: BMKG
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Gempa berkekuatan Magnitudo 3,5 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (11/6/2023) siang. Warga pun panik dengan gempa yang diduga lantaran aktivitas Sesar Cugenang tersebut.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa 3,5 magnitudo yang terjadi pada pukul 11.12 WIB itu berpusat di 6.86 LS – 107.06 BT atau 9 kilometer arah Barat Data Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer.

Siap Wujudkan Rumah Tahan Gempa Untuk Masyarakat Cianjur

Guncangan gempa tersebut terasa kuat hingga wilayah perkotaan dan Kecamatan Karangtengah.

Baca Juga:Seorang Pemotor di Puncak Tewas Ditabrak Mobil yang Nekat NyalipKisah Miris Nonok Tertipu Pemberangkatan TKW Ilegal

Salah seorang warga Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, Putri (31) merasakan guncangan gempa yang cukup kuat seperti pada akhir tahun lalu.

“Iya tadi terasa kencang, seperti gempa di November tahun lalu. Warga juga berhamburan keluar rumah, khawatir rumahnya rusak akibat diguncang gempa,” katanya.

Mengenal Tradisi Wayang Golek Budaya Khas Jawa Barat

“Iya sudah dua kali gempa, yang pertama berkekuatan 1,7 magnitudo terjadi pada pukul 09.02 Wib dan yang kedua berkekuatan 3,5 magnitudo pada pukul 11.12 Wib. Disebabkan aktivitas Sesar Cugenang,” tuturnya.

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim dari BPBD untuk memeriksa dampak dari gempa bumi tersebut.

BMKG Kabarkan Cuaca Panas Ekstrem ‘Serang’ Indonesia, Warganet: Kanker Kulit Aku Datang

 

0 Komentar