Program Desa Cahaya PLN Sasar Cianjur Selatan

Program Desa Cahaya PLN Sasar Cianjur Selatan
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Setelah sukses membangun jembatan yang membuka akses Desa Gelarpawitan, Kecamatan Cidaun, Cianjur pada awal Oktober tahun lalu, kini Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Jabar kembali ke Desa Gelarpawitan dengan aksi yang lebih besar.

YBM PLN Jabar berupaya memberdayakan warga Desa Gelarpawitan melalui serangkaian program yang komprehensif bernama “Desa Cahaya Gelarpawitan”.

“Program yang dikembangkan di Desa Cahaya Gelarpawitan meliputi bidang pertanian seperti sayuran, pendirian rumah bibit dan pembentukan kelompok-kelompok usaha seperti peternakan, gula aren, pandai besi dan UMKM,” ungkap Dede Komara, Ketua YBM PLN UID Jabar pada acara peresmian Desa Cahaya Gelar Pawitan, Minggu (28/5).

Baca Juga:Cianjur Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan di PuskesmasGempa 5.0 Magnitudo Guncang Sukabumi, Terasa Sampai Cianjur

Acara peresmian tersebut pun berlangsung meriah dengan diiringi oleh kesenian daerah seperti degung dan lengser.

Dalam kesempatan peresmian itu Dede juga berpesan agar warga Desa Gelarpawitan membayar listrik tepat waktu karena secara tersirat nama Desa Cahaya menunjukkan desa yang senantiasa terang karena warganya tertib bayar listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Agus Tasya, menyampaikan bahwa Desa Gelarpawitan merupakan salah satu desa yang menjadi tanggung jawab PLN UP3 Cianjur dalam hal keandalan listriknya, lebih spesifiknya masuk ke wilayah kerja PLN Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) Tanggeung.

“Dalam rangka menjaga keandalan, PLN Tanggeung terus bersinergi dengan warga di Desa Gelarpawitan terutama jika ada pohon yang sudah mendekati jaringan listrik,” ujar Agus.

Sementara itu, menurut Danang Iswantoro, Manager Pendistribusian dan Pendayagunaan YBM PLN Pusat, program pemberdayaan masyarakat melalui Desa Cahaya ini menunjukkan bahwa PLN tidak hanya melistriki.

“PLN juga membersamai masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Danang.

Desa Gelarpawitan memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan warganya. Tujuan YBM PLN adalah mendampingi dalam mengelola sumber daya alam tersebut untuk mendorong pembangunan sosial ekonomi warga desa secara mandiri.

0 Komentar