Bahasa Tubuh Dari Segi Bentuk dan Fungsi

Bahasa tubuh
Bahasa tubuh
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Seringkali ketika seseorang berkomunikasi dengan orang lain hanya menggerakan dengan bahasa tubuhnya tanpa berbicara sama sekali. Contoh sederhananya, yaitu penggunaan isyarat jempol untuk menyatakan ungkapan setuju pada lawan bicara. Namun, tak semua orang bisa membaca dan memahami arti bahasa tubuh yang di isyaratkan.

Lantas, apa saja bahasa tubuh dari segi bentuk dan fungsinya yang mana sering diterapkan seseorang dalam berkomunikasi? Simak yuk penjelasan berikut ini.

Bahasa tubuh adalah komunikasi yang terdapat unsur pesan disampaikan secara nonverbal atau tanpa menggunakan kata-kata. Bahasa tersebut, merupakan proses pertukaran pikiranyang terdapat pesan tertentu dan disampaikan dalam bentuk isyarat, ekspresi wajah, sentuhan, kontak mata, penggunaan lambang khusus, gerakan tubuh dan postur, serta diam.

BACA JUGA: Beberapa Orang Memiliki Skor IQ Tertinggi

Baca Juga:Beberapa Orang Memiliki Skor IQ TertinggiIstri Harus Tahu, Bahasa Tubuh Suami yang Selingkuh

Menurut Beliak dan Baker (1981), mengatakan bahwa bahasa tubuh terdapat tiga bentuk dan tipe umum, yaitu kontak mata, ekspresi wajah, dan gerakan anggota tubuh. Nah, berikut ini penjelasannya.

1. Kontak mata (Gaze)

Kontak mata yang mengarah pada cara melihat seseorang pada lawan bicaranya, terutama saat tengah melakukan komunikasi verbal. Tak jarang, kontak mata yang dilakukan tanpa adanya komunikasi verbal bisa memberi tahu pesan yang disampaikan pada orang lain.

Hanya dengan menatap tanpa mengucapkan sepatah kata apapun bisa memberi tahu pesan pada orang lain. Walaupun tak semua orang bisa membaca atau memahami kontak mata itu. Selain itu, kontak mata bisa membantu untuk melihat seseorang mengalami cemas, takut, antusias dan pandangan sayu.

Contohnya saat ada penilangan oleh kepolisian. Pihak polisi biasanya akan menggunakan bahasa tubuh berupa kontak mata pada pengguna transportasi, untuk mengecek kelengkapan surat.

Biasanya pengemudi yang tidak lengkap surat-suratnya lebih cenderung tidak berani melakukan kontak mata dengan polisi. Karena menyadari bahwa dirinya bersalah, karena tidak mempunyai kelengkapan surat kendaraan.

BACA JUGA: Istri Harus Tahu, Bahasa Tubuh Suami yang Selingkuh

2. Ekspresi wajah

Ekspresi wajah yang sering di tampilkan saat berkomunikasi dengan orang lain termasuk dalam bahasa tubuh. Ekspresi wajah meliputi raut wajah yang di tampilkan saat melakukan komunikasi verbal, sebagai bentuk reaksi atas pesan yang terkandung dalam percakapan.

0 Komentar