DPR RI Wacanakan Kereta Gantung di Jalur Puncak untuk Urai Kemacetan

DPR RI Wacanakan Kereta Gantung di Jalur Puncak untuk Urai Kemacetan
DPR RI Wacanakan Kereta Gantung di Jalur Puncak untuk Urai Kemacetan
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Kemacetan di Jalur Puncak Bogor-Cianjur sudah menjadi agenda rutin mingguan. Khususnya saat libur panjang juga saat arus mudik dan balik pada momen Lebaran beberapa waktu lalu.

“Kapasitas jalan dan jumlah kendaraan yang melintas sering kali tak seimbang. Maka solusinya harus ada infrastruktur untuk mengurai kemacetan itu,” ujar Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhama Zulfah di Aston Hotel pada Rabu (24/5/2023).

Menurutnya, setiap weekend kurang lebih ada 28.000 kendaraan yang melintasi jalur Puncak dan mengakibatkan kemacetan. Sedangkan pada saat arus mudik lalu, disebutkan terdapat sekitar 160 ribu kendaraan yang melintas.

BACA JUGA :

Info Terupdate! Bocoran Harga Hewan Kurban Kambing 2023

Baca Juga:Info Terupdate! Bocoran Harga Hewan Kurban Kambing 2023Incaran Warganet! Nokia 6600 5G Ultra Siap Bagikan Momen Terbaik Anda Dengan Spek Dewanya

“28.000 kendaraan tiap weekend saja bisa menimbulkan kemacetan. Apalagi kemarin (arus mudik) ada 160 ribu kendaraan yang masuk jalur Puncak, siapapun akan sulit mengurai kemacetannya,” kata Neng Eem.

Selain memanfaatkan jaringan jalan yang tersambung dengan jalur Puncak dan lakukan rekayasa lalu lintas seperti yang sudah dilakukan, dibutuhkan political will untuk mencari solusi terbaik.

“Kita dorong untuk ada jalan tol Sukabumi-Cianjur-Bandung, tapi kalau menunggu itu pasti agak lama. Maka saya minta untuk dibangun jalan dari Kecamatan Caringin tembus ke Gunung Mas Bogor. Saya yakin itu bisa membantu mengurai kemacetan,” jelasnya.

BACA JUGA :

FUN FACT! Cium Ketut Suami Bisa Sembuhkan Penyakit Mematikan Lho

Selain itu, pihaknya juga telah merencanakan pembangunan cable car atau kereta gantung khusus bagi wisatawan yang memang berencana liburan di kawasan Puncak.

“Dengan adanya cable car, itu akan mendorong orang untuk tidak membawa kendaraan ke kawasan Puncak. Wisatawan pun akan menikmati pemandangan indah selama perjalanan tanpa terhambat kemacetan,” kata Neng Eem.

Rencana cable car tersebut menurutnya sudah sampai tahap pengkajian oleh akademisi. “Saat kita dorong rencana cable car itu, Kemenhub pun juga ternyata sudah lakukan kajian tentang itu. Kalau untuk berapa anggarannya kita belum tahu karena masih tahap kajian,” kata dia.

BACA JUGA :

Film Persona, Jadi Serial Netflix Terakhir Yang Dibintangi Sulli!

Dengan adanya cable car, kata Neng Eem, akan mengurangi volume kendaraan yang melintasi kawasan Puncak. “Volume kendaraan itu kan menyatu antara yang ingin berwisata dan yang hanya melintas. Dengan adanya cable car, akan mengurangi volume kendaraan,”

0 Komentar