Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah Akan Berakhir, Kapan Puasa Syawal 2023 Akan Mulai?

Kapan Puasa Syawal 2023 Akan Mulai
Kapan Puasa Syawal 2023 Akan Mulai
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Bulan Suci Ramdhan 1444 Hijriah (2023) akan berakhir, dimana para umat islam telah menjalankan ibadah puasa selama tiga puluh hari full, setelah itu akan digantikan dengan bulan syawal ini pun melaksanakan puasa syawal 2023 namun kapan mulainya?.

Tak main-main jika umat islam mengerjakan puasa syawal ini, karena pahala nya sangat besar dengan setara dengan ganjaran selama satu tahun berpuasa, ini sesuai dengan riwayat berasal dari Abu Ayub Al-Anshari.

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa berpuasa Ramadhan lalu dilanjutkan dengan puasa enam hari di Bulan Syawal, maka dari itu setara dengan puasa sepanjang tahun,” (HR. Muslim. Iman Ahmad meriwayatkan dari hadist Jabir).

Baca Juga:Ramalan Zodiak Hari Ini Taurus Terjebak Emosi dan Scorpio Dibuat HappyTrending di Twitter Jhope BTS Wamil Hari Ini

Hal tersebut sejalan dengan riwayat tentang berpuasa di Bulan Syawal : ” Puasa Ramadhan pahalanya setara dengan puasa sepuluh bulan dan puasa enam hari pahalanya dengan puasa dua bulan, jumlah keseluruhannya satu tahun penuh,” (Diriwayatkan oleh Sa’id bin Manshur dengan sanadnya Tsauban).

Nah, lantas kapan untuk melaksanakan puasa Syawal 1444 Hijriah dimulai?.

Untuk puasa syawal dikerjakan mulai dari tanggal 2 bulan Syawal, dikarenakan 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri.

Pada 1 Syawal, para umat islam dilarang untuk melakukan puasa,sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abi Sa’id Al Khudri ra, “Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam melarang untuk berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha,” (HR. Muslim).

Puasa Bulan Syawal diperkirakan jatuh di Minggu 23 April 2023, puasa tersebut dikerjakan selama enam hari berturut-turut.

0 Komentar