Jelang Idul Fitri, Bupati Cianjur Sidak Harga Komoditas Pangan di Pasar Muka

Jelang Idul Fitri, Bupati Cianjur Sidak Harga Komoditas Pangan di Pasar Muka
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Akibat harga komoditas pangan yang mulai naik jelang Lebaran 2023 di Cianjur, Bupati Herman Suherman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Muka, Kecamatan Cianjur pada Selasa (18/4/2023).

Herman menanyakan dan mencatat langsung harga-harga komoditas pangan di Pasar Muka.

Dari hasil sidak, Herman menemukan adanya lonjakan harga komoditas pangan seperti cabai tanjung yang harganya capai Rp60 ribu sampai Rp80 ribu per kilogram. Yang terparah, yakni harga daging sapi yang kini mencapai Rp150 ribu per kilogramnya.

Baca Juga:Rumah Warga di Campaka Cianjur TerbakarDinkes Cianjur Raih Dua Penghargaan dari Ombudsman RI

“Kalau melihat harga di pasar, semakin hari semakin naik. Daging sapi kemarin Rp 130 ribu sampai Rp 140 ribu, sekarang Rp150 ribu per kilogram,” ujar Herman usai lakukan pemeriksaan harga.

Untuk komoditi lain seperti kentang dieng, lanjut Herman, juga mengalami kenaikan harga hingga Rp2.000 per kilogram.

“Ini terjadi karena suply and demand tidak seimbang. Demand-nya lebih besar dibanding suply sehingga harga meloncat naik,” ucapnya.

Herman menyayangkan adanya kenaikan harga komoditas pangan tersebut jelang Lebaran yang diperkirakan terjadi pada 21 April 2023 mendatang.

“Kita akan siasati kenaikan harga ini dengan mengadakan pasar murah seperti yang kita laksanakan sebelumnya. Bekerja sama dengan Bulog juga koperasi-koperasi yang mau ambil untung kecil untuk membantu warga Cianjur,” beber Herman.

Menurutnya, di pasar murah harga daging sapi hanya Rp90.000 per kilogram yang diharapkan bisa stabilkan lonjakan harga di Cianjur.

Sementara untuk harga beras, lanjut Herman, cenderung stabil karena banyaknya bantuan beras yang diterima Cianjur dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Provinsi Jawa Barat, juga dari Kementerian Sosial.

Baca Juga:PLN Siapkan Charger Kendaraan Listrik di Jalur Utama Mudik 2023Berani Tinggalkan Jabatan Tinggi, Pria Ini Sukses Kembangkan Bisnis Online

“Sehingga suply beras tercukupi, demandnya sedikit, akhirnya harga beras stabil,” ungkapnya.

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Muka, Nisa mengatakan, harga daging sapi alami kenaikan harga Rp10.000 dari hari sebelumnya.

“Harga daging sapi sekarang Rp150 ribu per kilogram. Kalau kemarin masih bisa Rp140 ribu. Naiknya karena harga di jagal sapi pun naik jadi modalnya juga naik,” ujar Nisa saat ditemui Cianjur Ekspres.

0 Komentar