Manfaat Silaturahmi Pada Sesama

Manfaat Silaturahmi Pada Sesama
Manfaat Silaturahmi Pada Sesama
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Manfaat Silaturahmi Pada Sesama

Lebaran menjadi salah satu momen yang pas untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan satu sama lainnya dengan segala dosa dan perbuatan yang telah dilakukan.

Sesuai dengan anjuran dari Rasulullah SAW agar setiap manusia saling menjaga silaturahmi satu sama lainnya.

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليصل رحمه ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا أو ليصمت

Artinya: “Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW ia bersabda, ‘Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam,’” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:Hati-hati! Pemudik Jalur Cianjur SelatanHukum Memakai Baju Baru Saat Lebaran

Selain untuk saling memaafkan satu sama lainnya, ternyata silaturahmi juga memiliki berbagai manfaat lho, mau tau? yuk simak bersama.

1. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Silaturahmi merupakan salah satu bentuk kecintaan, ketakwaan seseorang kepada Allah SWT, dimana Rasullullah SAW bersabda:

“Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (HR. Ahmad).

Yang menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan setiap hambanya agar selalu menjaga keutuhan antara sesamanya dengan baik.

Kemudian Allah juga menjanjikan pahala yang cukup besar bagi siapa saja yang dapat menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya.

2. Tanda Keimanan

Menjalin tali silaturahmi juga menjadi sebuah tanda keimanan seorang muslim, sama halnya dengan sabda Rasullullah SAW, bahwa:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah).

3. Mampu Memperluas Rezeki

Baca Juga:Kenapa Hewan Kukang Geraknya Lambat? Ini PenyebabnyaRekomendasi Wisata Cianjur Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Allah menjanjiakan siapa saja yang menjaga dan mejalin silaturahmi akan dilancarkan rezekinya dan diberi keberkahan, sesuai dengan yang tertuang pada hadist Nabi yang diriwayatkan Abu Hurairah:

0 Komentar