Manfaat Silaturahmi Pada Sesama

Manfaat Silaturahmi Pada Sesama
Manfaat Silaturahmi Pada Sesama
0 Komentar

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

4. Kunci Masuk Surga

Allah SWT juga menjanjikan pahala dan keberkahan bagi setiap hamba-Nya yang dapat menjaga tali silaturahmi.

Janji Allah akan mendekatkan surga kepada hamba-Nya yang mampu menjaga silaturahmi dengan sesamanya. Seperti halnya sabda Rasulullah SAW:

Baca Juga:Hati-hati! Pemudik Jalur Cianjur SelatanHukum Memakai Baju Baru Saat Lebaran

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

5. Memperpanjang Umur

Setiap manusia pastinya ingin diberikan umur yang panjang, karena dengan umur yang panjang akan memberikan kesempatan yang lebih banyak untuk berbuat kebaikan di dunia dan beribadah lebih banyak serta taat. Terutama kesempatan untuk bertaubat atas dosa-dosa yang dilakukan selama di dunia ini.

6. Menghibur Kerabat

Dapat bermanfaat untuk menghibur orang lain karena belum tentu semua orang akan merasakan kebahagiaan di dalam hatinya, ada saja yang tersenyum walau hatinya sedang bersedih hati.

Seperti dalam firman Allah SWT:

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar-Rahmaan: 60).

وَقَدْ وَرَدَ فِي الْخَبَرِ إنَّ أَفْضَلَ الْأَعْمَالِ إدْخَالُ السُّرُورِ عَلَى الْمُؤْمِنِ

Artinya: “Telah tersebut dalam sebuah hadits, ‘Salah satu amal paling utama adalah idkhalus surur atau memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang yang beriman”.

7. Menghilangkan Perselisihan

Tak jarang, kerap kali perselisihan antar saudara maupun kerabat terjadi, bisa karena berbagai hal, dan tak jarang juga dari perselisihan menimbulkan putusnya tali silaturahmi.

Salah satu bentuk hikmah silaturahmi dalam islam adalah dapat menghilangkan perselisihan yang sedang terjadi. Karena silaturahmi itu saling menyapa maka akan menimbulkan rasa berkurang dalam perselisihan.

8. Tanda Rahmat dari Allah SWT

Mencari rahmat Allah adalah bentuk usaha kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan tempat terbaik di yaummul akhir nanti. Salah satu amalan yang paling mudah agar mendapat rahmat Allah adalah dengan menyambung tali silaturrahim, sebagaimana hadits berikut:

Baca Juga:Kenapa Hewan Kukang Geraknya Lambat? Ini PenyebabnyaRekomendasi Wisata Cianjur Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Allah berfirman: “Aku adalah Mahapengasih dan ia adalah Rahim, nama itu diambil dari bagian nama-Ku, siapa yang menyambungnya, maka Aku memberikan rahmat-Ku kepadanya, dan siapa yang memutuskannya, maka Aku memutuskan rahmat-Ku darinya.” (HR Abu Dawud).

0 Komentar