Apa Itu Malam Lailatul Qadar dan Keistimewaannya?

Merasa Terganggu Doa Mengusir Orang Agar Tidak Betah
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Apa itu malam lailatul qadar dan apa saja keistimewaan dari dalam ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!

Bulan puasa merupakan bulan yang mulia bagi umat muslim. Pada bulan ini terdapat satu malam yang istimewa, yakni malam lailatul qadar.

Allah menjadikan malam ini menjadi malam yang penuh dengan kemuliaan dan keistimewaan. Pada malam ini, Allah SWT menurunkan al-quran pada Nabi Muhammad SAW.

Persiapan Menyambut Bulan suci Ramadhan Penuh Berkah

Rasulullah SAW pun pernah bersabda:

يَ فِي الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ – رواه أحمد والبخاري وأبو داود

Baca Juga:Bacaan Niat Qodho Puasa Ramadhan serta Tata CaranyaPidato Persuasif Soal Pendidikan Tentang Pentingnya Menuntut Ilmu

Artinya: “”Lailatul qadar itu berada pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadan.”

Lantas, bagaimana penjelasan detail soal malam yang diberkahi ini dan keistimewaannya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Malam Lailatul Qadar

Menurut laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), lailatul qadar adalah suatu malam pada bulan Ramadan yang sangat bernilai di sisi Allah SWT. Bahkan malam ini lebih baik daripada 1000 bulan.

Malam ini adalah malam di mana pertama kali turunnya ayat pertama al-quran kepada Nabi Muhammad. Wahyu tersebut Allah turunkan melalui perantara Malaikat Jibril.

 

Selain itu, segala doa-doa pun akan terkabul saat malam ini. Ini juga menjadi waktu bagi kita umat muslim untuk bertobat dan minta ampun untuk segala dosa-dosa yang dilakukan.

Malam ini pun menjadi malam yang penuh dengan berkah. Sebagaimana tertulis di surat Al Dukhan ayat 3 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.”

Bappeda Cianjur Batasi Jam Kerja Selama Bulan Ramadan

-Malam 21 Ramadan
Selasa malam hingga Rabu dini hari, 11-12 April 2023
-Malam 23 Ramadan

0 Komentar