Bacaan Niat Qodho Puasa Ramadhan serta Tata Caranya

Bacaan Niat Qodho Puasa Ramadhan serta Tata Caranya
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Sudah tahu belum bacaan niat qodho puasa Ramadhan? Jika belum, cek selengkapnya di sini!

Tak terasa sekarang telah memasuki sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Puasa di bulan Ramadan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim.

Namun, ada beberapa orang yang mungkin berhalangan atau tidak bisa menjalankan ibadah puasa. Sebut saja golongan ibu hamil dan menyusui atau orang-orang yang memang memiliki penyakit dan tidak dianjurkanuntuk berpuasa.

Olahraga Saat Puasa, Kapan Ya Waktu yang Paling Idealnya?

Baca Juga:Pidato Persuasif Soal Pendidikan Tentang Pentingnya Menuntut IlmuApa Alasan Suga BTS Menyukai Basket? Yuk Intip di Sini!

Lantas bagaimana bacaan niat qodho puasa Ramadhan serta tata caranya? Cek penjelasannya di sini hingga akhir ya!

Niat Qodho Puasa Ramadhan

Bagi umat muslim yang sebelumnya mempunyai utang puasa, diharuskan untuk membayar utang puasa tersebut. Sebagaimana yang tertuang dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

 

Melansir dari laman resmi Baznas, berikut adalah bacaan niat puasa qadha Ramadan:

نويت صوم غد عن قضاء فرض رمضان لله تعالى.

Nawaitu shauma ghodin an qadha’I fardhi syahri romadhoona lillahi taala.

Artinya: Aku berniat untuk meng-qadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah Ta’ala.

Sementara itu untuk tata cara puasa qadha adalah pertama-tama membaca niat ganti puasa Ramadan. Usai membaca niat, seperti biasanya tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang selama berpuasa.

0 Komentar