Dampak Positif Menulis Buku Diary Pada Kesehatan Mental

Dampak Positif Menulis Buku Diary Pada Kesehatan Mental
Dampak Positif Menulis Buku Diary Pada Kesehatan Mental
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Dampak Positif Menulis Buku Diary Pada Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik, nyatanya kondisi kesehatan mental pun perlu kamu perhatikan dengan baik. Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesehatan mental semakin optimal.

Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dijaga. Dengan memiliki kesehatan mental yang optimal, tentunya hal ini akan memengaruhi kamu bersosialisasi, berpikir, dan juga bertindak. Kamu bisa menjaga kesehatan mental dengan menulis buku harian. Nyatanya, banyak manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental.

Nah, simak lebih banyak mengenai dampak menulis buku harian untuk kesehatan mental!

1. Mengurangi Tingkat Stres yang Dialami

Baca Juga:Cara Terbaik Meningkatkan Kualitas DiriPeraturan Unik di Dunia yang Bikin Melongo

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi stres. Stres yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang lebih buruk. Misalnya, depresi.

Menulis buku harian secara rutin dinilai mampu mengurangi tingkat stres yang kamu alami. Faktanya, menulis sebuah jurnal secara ekspresif mengenai perasaan yang kamu rasakan saat itu menjadi salah satu cara melepaskan stres yang dirasakan.

Kamu bisa menulis buku harian selama 15–20 menit atau sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa lakukan kebiasaan menulis buku harian sebelum tidur sebagai salah satu cara melepaskan emosi yang kamu rasakan. Kondisi ini bisa membuat kamu merasa lebih nyaman, santai, serta melepaskan stres yang kamu alami.

2. Membuat Daya Ingat Semakin Kuat

Bukan hanya melepaskan emosi yang kamu rasakan Menulis buku harian secara rutin juga bisa membuat daya ingat kamu semakin meningkat. Dengan menulis setiap hari, fungsi otak akan menjadi lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas memori.

3. Mengenal diri sendiri

Apakah kamu merasa hidupmu monoton dan tidak semangat menjalani aktivitas tanpa tahu alasannya? Bisa jadi ini dikarenakan kamu belum benar-benar mengenal dirimu sepenuhnya. Agar kamu bisa lebih mengenal diri sendiri, cobalah untuk menulis buku harian.

Dengan rutin menulis, kamu akan lebih mengetahui hal-hal yang kamu sukai, syukuri, dan angan-angan atau cita-cita yang ingin kamu capai. Bila demikian, kamu akan lebih mengenal karaktermu sendiri dan lebih yakin dalam menentukan apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

0 Komentar