Fakta Unik Kuda Laut Hewan Air Paling Setia

Fakta Unik Kuda Laut Hewan Air Paling Setia
Fakta Unik Kuda Laut Hewan Air Paling Setia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Fakta Unik Kuda Laut Hewan Air Paling Setia

Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.

Populasi kuda laut terancam karena penangkapan yang berlebihan. Kuda laut dimanfaatkan untuk herbologi Tiongkok.

Sebanyak 20 juta kuda laut telah ditangkap setiap tahunnya untuk keperluan ini. Impor ekspor kuda laut diatur dalam CITES sejak 15 Mei 2004.

Baca Juga:Rekomendasi Tanaman Hias Dalam RuanganBahaya! Tidur Terlalu Lama

Di Indonesia terdapat 9 dari total 54 jenis kuda laut. Berikut beberapa informasi mengenai kuda laut yang menjadikannya istimewa karena keunikannya!

1. Satu-satunya jenis ikan yang tidak berbentuk seperti ikan pada umumnya.

Kuda laut digolongkan sebagai ikan oleh para peneliti, karena ia berenang menggunakan sirip dan bernapas menggunakan insang. Bentuknya unik dan berbeda dari ikan lainnya. Ia juga tidak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya.

2. Letak sirip yang tidak biasa

Hewan kecil ini memiliki sirip dorsal dan sirip pectoral. Sirip dorsal terletak di bagian bawah tubuhnya sedangkan sirip pectoral ada di dekat insang, di bagian kepalanya.

3. Ukurannya tergolong kecil

Hewan imut ini memiliki ukuran mulai 0,6 inci sampai dengan 14 inci atau 1,5 cm sampai 35 cm. Ukurannya yang imut itu membuatnya semakin menggemaskan.

4. Jenis ikan yang tidak pandai berenang dan bergerak secara vertikal

Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat.

Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horizontal seperti ikan lainnya.

5. Tidak memiliki perut, sehingga sering dikatakan hewan paling rakus

Dalam sehari kuda laut dapat memakan hingga 3000 artemia di air. Hal ini dikarenakan ia memiliki proses pencernaan yang sangat cepat, jadi makanan yang dimakan hanya sekadar lewat.

6. Kuda laut dapat melihat 360 derajat seperti bunglon

0 Komentar