Bahaya! Tidur Terlalu Lama

Bahaya! Tidur Terlalu Lama
Bahaya! Tidur Terlalu Lama
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Bahaya! Tidur Terlalu Lama

Tidur merupakan salah satu bagian dari upaya menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, tidur merupakan salah satu bagian dari istirahat, untuk menghilangkan rasa capek dan memulihkan kondisi kebugaran tubuh.

Banyak manfaat yang diperoleh dari tidur yang cukup. Ingat, tidur cukup, bukan banyak tidur, karena banyak tidur, atau bahkan berlebihan tidur, tidak baik bagi kesehatan.

Di sisi lain, terlalu banyak tidur juga akan berefek buruk pada tubuh.  Tidur berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah medis, seperti diabetes, penyakit jantung dan kematian dini, berikut penyakit umum yang sering terjadi jika kita tidur terlalu lama:

1. Diabetes 

Baca Juga:Cara Membuat Tempoyak Durian Khas MelayuRekomendasi Makanan dan Minuman Penetral Rasa Pedas

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlalu lama atau kurang setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Obesitas 

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat kita mengalami obesitas.  Riset menunjukkan bahwa orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam setiap malam memiliki risiko 21% lebih besar mengalami obesitas.

3. Sakit Kepala 

Tidur lebih lama dari biasanya dapat menyebabkan sakit kepala.  Disebabkan efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin. Mereka yang terlalu banyak tidur di siang hari dan kurang tidur di malam hari juga seringkali menderita sakit kepala.

4. Sakit punggung 

Orang yang tidur terlalu lama cenderung bisa lebih sering menderita sakit punggung, kecuali bila tidur di kasur khusus yang disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.  Namun, bila kita merasa kondisi semakin memburuk,  sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. Kematian dini 

Wanita yang tidur sembilan hingga 11 jam per malam memiliki risiko 38 % mengalami penyakit jantung koroner daripada wanita yang tidur delapan jam.

0 Komentar