Mukena bukan Syariat Islam

Mukena itu bukan Syariat Islam Lho
Mukena itu bukan Syariat Islam Lho
0 Komentar

 CIANJUREKSPRES- Mukena bukan Syariat Islam

Sebagai umat muslim hendaknya kita menunaikan kewajiban kita yaitu menunaikan salat lima waktu. Dalam salat memiliki syarat tertentu agar di terima oleh Allah SWT.

Salah satunya adalah menggunakan mukena untuk perempuan dan sarung serta peci untuk laki-laki. Namun pernahkah Anda melihat orang yang salat hanya menggunakan pakaiannya saja?

Kebanyakan orang heran dengan perlakuan tersebut bahkan sampai mencetuskan kalau tidak memakai mukena atau sarung dan peci tidak sah solat. Mengerikan sekali ya kawan.

Baca Juga:Makanan Unik Bulan Ramadhan di IndonesiaMengenal Hagia Sopia yang Melegenda

Tapi sebenarnya mukena itu tidak masuk dalam syarat sah solat lho karena ternyata mukena itu budaya dari Indonesia bukan syariat islam.

Berawal pada saat sembilan wali yang biasa disebut wali songo menyebarkan agama islam di Indonesia terutama ditanah jawa.

Mukena adalah perpaduan antara budaya jawa dan islam, dulu para perempuan hanya menggunakan kain panjang (jarik batik) tanpa jahitan dan kemben yang dililit sampai dada.

Sehingga bagian tubuh lainnya terlihat jelas, namun karena islam sangat menghormati perempuan maka dibuat pakaian yang menutup tubuh.

Namun hal itu tak selaras dengan kegiatan kaum perempuan yang bekerja di sawah dan kebiasaan berpakaian yang tidak mudah untuk di rubah.

Yang akhirnya wali songo memutuskan untuk memperbolehkan para perempuan memakai pakaian mereka namun saat solat harus menutup semua tubuh mereka dengan kain panjang yang lebar dengan menyikan hanya wajah dan telapak tangan saja.

Dari sinilah mulai adanya mukena untuk salat, seiringnya perkembangan zaman mukena juga di kenalkan pada bangsa melayu dan lainnya.

Baca Juga:Warisan Nabi Muhammad SAW yang Terakhir Paling BerhargaKemegahan dan Keindahan Masjid Agung Natuna di Riau

Nah kawan jadi tidak boleh heran dan menghakimi orang lain ya, jika ada yang salat hanya menggunakan pakaiannya saja yang terpenting tetap menutup anggota tubuhnya.

Begitulah asal usul dari mukena yang sekarang jadi lebih modern dengan berbagai macam kain, model, dan motif yang menarik. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu salat lima waktu ya muslim muslimah, sampai jumpa lagi.

0 Komentar