Kemegahan dan Keindahan Masjid Agung Natuna di Riau

Kemegahan Masjid Agung Natuna di Riau
Kemegahan Masjid Agung Natuna di Riau
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Kemegahan Masjid Agung Natuna di Riau.

Masjid selalu dibuat senyaman mungkin untuk beribadah namun selain itu masjid juga dibuat sangat indah sebagai keagungan Allah.
Salah satu masjid di Indonesia yang mencuri perhatian dunia adalah masjid Agung Natuna di Kepulauan Riau karena menyerupai Taj Mahal di India.

Pesona pada pandangan pertama ada pada saat memasuki gerbang masjid, bak melihat Taj Mahal India sebab terdapat sungai yang mengapit dua jalan lebar menuju ke dalam masjid, persis seperti desain Taj Mahal di India.

Dan terasa semakin mempesona dengan pemandangan Gunung Ranai yang tampak berdiri setia di belakang masjid itu.
Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 15.500 meter persegi yang menampung 5.000 sampai 10.000 jamaah serta digadang menjadi salah satu landmark di Natuna.

Baca Juga:Wisata Religi Terkenal di Cianjur Bikin Berwisata Lebih Berkah saat Puasa

Dibangun pada tahun 2007 selama setengah bulan oleh arsitek bernama Both Sudargo dengan model menyerupai Taj Mahal adanya sungai yang khas serta di kelilingi dengan tiang yang berdiri kokoh.

Lalu dipadukan dengan arsitektur Masjid Nabawi di Madinah, Masjid yang ada di Cordoba Spanyol, serta ukiran-ukiran kaca patri khas Timur Tengah dan Turki.
Kemegahan masjid ini tidak hanya itu, masjid ini memiliki bangunan utama terdiri atas satu kubah besar, enam kubah kecil, dan dilengkapi 20 pintu.

Pada puncak tertinggi Masjid Agung Natuna terdapat satu kubah utama yang warnanya didominasi hijau dan kuning telur dalam motif kubisme yang simetris.
Warna tersebut melambangkan simbol qur’ani, kemudian terdapat enam kubah berukuran lebih kecil yang mengartikan enam rukun iman bagi umat Islam.

Diluar terlihat 4 menara menjulang tinggi disimbolkan sebagai empat sabahat Rasulullah SAW dengan ketinggian 17 meter yang di maknai sebagai jumlah rakaat dalam salat lima waktu dalam sehari.

0 Komentar