4 Tradisi Unik Masyarakat Jabar Sambut Bulan Suci, Sudah Tahu Belum?

4 Tradisi Unik Masyarakat Jabar Sambut Bulan Suci, Sudah Tahu Belum?
Ilustrasi: Freepik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Ada beberapa tradisi unik masyarakat Jabar menyambut bulan Ramadan. Apa saja sih? Apakah kamu sudah mengetahuinya?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai tradisi. Begitu pula dalam menyambut momen-momen keagamaan. Salah satu yang paling ditunggu oleh umat muslim adalah datangnya bulan Ramadan.

Pada bulan ini, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, bulan Ramadan memiliki keutamaan dan keistimewaan daripada bulan-bulan lainnya.

THM Dilarang Buka Selama Ramadan

Baca Juga:Tabrakan dengan Miguel Oliveira, Marc Marquez Dilaporkan Alami Patah TulangShayne Pattynama Pamer Tiket ke Indonesia, Kode Segera Debut dengan Timnas?

Menjelang bulan Ramadan, ada berbagai tradisi unik masyarakat Jabar untuk menyambutnya. Apa saja? Yuk simak beberapa daftarnya di sini!

Tradisi Unik Masyarakat Jabar Sambut Ramadan

1. Munggahan

Di akhir bulan Sya’ban atau mulai dari seminggu bulan puasa, umumnya masyarakat di Jawa Barat melaksanakan acara munggahan.

Tips Cara Mengajarkan Anak Puasa Dengan Mudah

Budaya ziarah ke makam leluhur ini juga biasanya sekaligus mendoakan keluarga atau sanak saudara yang telah meninggal dunia.

Seminggu atau beberapa hari jelang puasa, banyak masyarakat yang mendatangi TPU untuk mendoakan keluarganya yang telah wafat.

3. Papajar

Umat muslim khususnya di Cianjur atau Sukabumi, pasti sudah tak asing dengan tradisi yang satu ini.

Papajar berasal dari kata mapag pajar (fajar). Dalam bahasa Sunda, papajar seperti menggambarkan sambutan untuk terbitnya bulan puasa. Layaknya fajar yang identik dengan terbitnya matahari.

 

4. Tradisi Unik Masyarakat Jabar Kuramasan

0 Komentar