Membangun Server Portabel Kebutuhan E-learning dengan Moodlebox

Membangun Server Portabel Kebutuhan E-learning dengan Moodlebox
Membangun Server Portabel Kebutuhan E-learning dengan Moodlebox
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Spesifikasi komputer server yang dibutuhkan untuk komputer kantor atau komputer bisnis sebaiknya mempertimbangkan hal hal berikut:

  • Processor harus memiliki control Power Consuption yang baik demi penghematan listrik.
  • Memori tidak perlu terlalu besar, cukup untuk menjalankan aplikasi perkantoran
  • Tidak perlu menggunakan kartu grafis tambahan.
  • Pilih motherboard yang memiliki spesifikasi bagus sehingga sampai beberapa tahun kedepan, komputer anda masih bisa diupgrade tanpa harus mengganti Motherboard.
  • Tidak perlu memilih harddisk yang kapasitasnya terlalu besar.
  • Pastikan apakah anda membutuhkan konektivitas jaringan atau tidak.

BACA JUGA : Jadi Sarang Kuman, Inilah Cara Membersihkan Keyboard Komputer

spesifikasi komputer server, Fasilitas server sebagai media pembelajaran berbasis e-learning menjadi kebutuhan bagi sekolah maupun siapa saja yang menerapkan model pembelajaran berbasis elektronik.

Baca Juga:Bulan Februari 2023 Peringati Hari Apa Saja? Ada Hari Libur Nasional!5 Software Untuk Mengakses Internet, yang Memiliki Keunggulan Tersendiri

Moodle menjadi salah satu pilihan LMS (Learning Management System) yang berfungsi sebagai pengelolaan pembelajaran dalam virtual learning.

Server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan layanan ke komputer lain dan penggunanya dikenal sebagai klien.

Di data center, komputer fisik yang menjalankan program server juga sering disebut sebagai server. Komputer server ini selanjutnya diinstal dan dikonfigurasi agar learning management system dapat berjalan dengan baik.

spesifikasi komputer server, Pengguna dapat mengakses sistem pembelajaran tersebut dengan berbagai perangkat seperti komputer destop, perangkat mobile, dan perangkat lainnya yang memiliki browser yang terhubung ke jaringan.

Untuk dapat membangun server sistem elearning diperlukan komputer server yang harganya lumayan mahal. Performa layanan juga tergantung kepada spesifikasi perangkat server yang digunakan.

Sistem e-learning dengan server portabel memiliki biaya yang relatif murah dan server dapat dibawa kemana-mana tanpa harus terkoneksi ke jaringan internet. Portabel server ini merupakan server yang dapat dibawa kemanapun yang dapat berfungsi sebagai server yang memungkinkan penerapan yang cepat dan dapat diimplementasikan dimanapun.

Dengan adanya server portabel ini memberikan penghematan energi, ringkas, dan bertenaga. Berikut ini kebutuhan dalam mebangun server tersebut.

  • Raspberry Pi
  • Moodlebox
  • Implementasi
0 Komentar