Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak Bola

Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak Bola Harus di perhatikan Karena sering dimainkan,
Tips Mencegah Cedera Dalam Sepak Bola Harus di perhatikan Karena sering dimainkan,
0 Komentar

Kerusakan pada ligamen di tangan dapat menimbulkan gejala nyeri, bengkak, dan rasa tidak stabil.

Dislokasi bahu, bahu terkilir dan fraktur (patah) tulang klavikula dapat terjadi akibat terjatuh saat lengan terentang, terjatuh dengan posisi bahu di bawah, atau akibat bertabrakan dengan pemain lain.

3. Cedera Kepala dan Leher

Nyeri leher dapat berbahaya, terutama bila nyeri membatasi gerak, dirasakan di sepanjang tulang belakang, atau disertai dengan hilangnya sensasi. Jangan menggerakkan orang yang mengalami cedera tersebut, sebaiknya segera hubungi rumah sakit terdekat.

Baca Juga:Tips Agar Tidak Kena Mental Dalam Rank di Mobile LegendsHero Paling Ditakuti User Midlaner Mobile Legends (ML)

Gegar otak dapat terjadi akibat benturan dengan pemain lain, terbentur bola, atau tiang gawang.

Gejala gegar otak antara lain sakit kepala, pusing, mual, kebingungan, telinga berdenging, sensitif terhadap cahaya atau suara, mudah marah, dan limbung.

Gejala gegar otak dapat berbeda-beda, apabila Anda mencurigai seseorang mengalami gegar otak, segera hubungi tenaga medis.

PENANGANAN PERTAMA CEDERA SEPAKBOLA

BACA JUGA : Ibrahimovic Absen 3 Pekan Karena Cedera Otot

P: proteksi. Lindungi bagian tubuh yang cedera dari cedera lebih lanjut, misalnya dengan menggunakan support eksternal (misalnya alat bantu jalan).

R: ‘rest’. Istirahatkan bagian tubuh yang cedera.

I: ‘ice’. Untuk cedera muskuloskeletal ringan, kompres dengan es daerah yang cedera tidak lebih dari 20 menit dan ulangi setiap 2 jam.

C: ‘compress’. Gunakan perban atau plastik pembungkus elastis untuk membebat daerah yang cedera, untuk mengurangi pembengkakan. Pastikan sirkulasi darah tidak terhambat (bebat tidak terlalu kencang).

E: ‘elevate’. Tinggikan bagian tubuh yang cedera untuk mengurangi pembengkakan.

MENCEGAH CEDERA OLAHRAGA SEPAKBOLA

BACA JUGA : Olahraga Setelah Kerja, Bolehkah?

Persiapan sebelum bermain sepakbola

Baca Juga:Pantai Paling Populer dan Istagramable DicianjurTips Menabung Usia Dini yang Efektif Untuk Masa Depan

  • Pertahankan kebugaran. Pertahankan kebugaran dengan berolahraga secara teratur. Lakukan latihan aerobik, latihan kekuatan dan fleksibilitas. Kebugaran dan fleksibilitas tubuh dapat membantu mencegah cedera olahraga sepakbola.
  • Pemanasan. Selalu lakukan pemanasan sebelum mulai bermain sepakbola. Otot-otot yang ‘dingin’ rentan mengalami cedera. Anda dapat melakukan pemanasan dengan ‘jumping jacks’, berlari, atau jalan di tempat selama 3–5 menit.

Anda dapat memulai dengan jogging untuk menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot. Kemudian, mengendurkan sendi dan otot dengan gerakan dinamis terkontrol, misalnya lungeship swings, rotasi badan, dan gerakan memutar lengan.

0 Komentar