Tips Menabung Usia Dini yang Efektif Untuk Masa Depan

Tips menabung harian yang efektif untuk mendukung gaya hidup hemat
Tips menabung harian yang efektif untuk mendukung gaya hidup hemat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tips menabung harian yang efektif untuk mendukung gaya hidup hemat. Kebiasaan menabung memang harus diterapkan sejak dini supaya terbiasa untuk tidak menghamburkan uang dan mengelola uang dengan baik. Seperti apakah cara menabung yang dianggap mudah dan efektif? Simak penjelasannya di bawah ini.
Tips Menabung Harian yang Efektif
Menabung dapat dilakukan secara bertahap dan dilakukan setiap hari. Dilansir dari buku Urgensi Haji di Usia Muda oleh Rafhensyi Harssilah, berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mulai menabung:

BACA JUGA : Polisi Ringkus Komplotan ‘Manusia Bertopeng’ Spesialis Pembobol Minimarket

1. Menabung dengan Nominal Kecil

Apakah menabung identik dengan menyimpan uang dalam jumlah besar? Tentu saja tidak! Menabung justru dapat dimulai dari nominal yang paling kecil. Tanpa disadari, nominal Rp 1.000 hingga Rp 20.000 dapat terkumpul menjadi nominal yang besar jika Anda konsisten dan berkomitmen dalam menabung

2. Celengan Target

Menggunakan celengan dapat menjadi pilihan selain menyimpan uang di bank. Celengan yang ada di rumah kemudian diberikan tulisan “target” tentang alasan mengapa Anda meletakkan uang di situ. Cara ini mencegah Anda untuk tergiur mengambil tabungan yang sudah ada di celengan. Ingatlah selalu apa yang menjadi tujuan dan alasan Anda menabung, maka Anda tidak akan mudah mengambil yang ada di celengan.

Baca Juga:Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat KehamilanCara Download Aplikasi Dilaptop Windows dan Macbook Dengan Praktis

3. Hindari Menunda-nunda untuk Menabung

BACA JUGA : BRI Dukung Anjuran Gerakan Menabung
Terlalu sering menunda komitmen dan keinginan untuk menabung justru membuat Anda semakin kehilangan kesempatan untuk menikmati hasil dari adanya investasi tabungan. Lebih baik segera memulainya di awal.
-ADVERTISEMENT-

4. Perketat Penarikan Uang Melalui ATM

Tips ini dibahas dalam buku Akhirnya, Kita Mantap Menikah oleh Imron Mustofa yang membahas cara dan tips menabung untuk persiapan pernikahan. Namun, cara ini juga bisa Anda terapkan untuk menghindari gaya hidup boros, yaitu mempererat penarikan uang melalui ATM. Jangan terlalu sering mengandalkan uang yang ada di ATM karena berpotensi gagal dalam urusan tabung-menabung.

5. Memprioritaskan Barang yang Dibutuhkan
Tips menabung harian selanjutnya adalah memahami adanya skala prioritas untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus dipenuhi dan wajib dibeli, sedangkan barang yang sekadar diinginkan belum tentu penting dan masuk skala prioritas.

0 Komentar