Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat

Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat
Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Makanan Bergizi, menjaga hidup sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis makanan yang tergolong dalam kelompok makanan sehat mengandung berbagai nutrisi. Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Mkanan Bergizi, Memulai pola makan yang bergizi dan sehat, bergizi, dan seimbang memang bukan hal yang mudah. Namun demi kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan penuh nutrisi yang bergizi wajib dilakukan.

1. Prioritaskan minum air putih

Jika Anda sering mengonsumsi soda atau minuman berperisa, usahakan untuk mulai sekarang menggantinya dengan air putih. Air putih penting untuk menghidrasi tubuh, membantu memaksimalkan performa fisik, meningkatkan fungsi otak, dan mencegah batu ginjal. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan potongan buah ke dalam air putih agar lebih segar untuk dikonsumsi.

2. Makan banyak sayur dan buah

Baca Juga:Yuk Kenali Apa itu Gizi, dan Kenapa Gizi itu PentingMenggetahui Tema Hari Gizi Nasional 2023, ini Sejarahnya

Awali pola makan sehat dengan memilih sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi berupa antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Cari tahu berapa banyak jumlah kalori ideal yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari untuk menyeimbangkan energi yang dikeluarkan oleh tubuh Anda. Kalori ideal setiap orang dapat berbeda-beda sesuai usia, metabolisme tubuh, tingkat aktivitas fisik yang dilakukan, dan hal lainnya, namun secara umum rekomendasi kalori yang disarankan sekitar 2.000 kalori per hari untuk perempuan dan 2.500 kalori per hari untuk laki-laki.

3. Seimbangkan dengan olahraga

Pola hidup sehat tidak dapat terwujud hanya dengan menjaga asupan nutrisi atau makanan yang masuk ke dalam tubuh. Anda juga harus menyeimbangkannya dengan berolahraga. Lakukan olahraga ringan minimal tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan performa fisik dan membuat organ-organ di dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan antara lain jogging, berenang, dan bersepeda.

4. Kurangi makanan berminyak dan bergula

Makanan berminyak yang tinggi lemak jenuh harus dihindari demi keberhasilan usaha untuk menerapkan pola hidup sehat. Lemak jenuh yang terlalu banyak dalam tubuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol sehingga memperbesar kemungkinan risiko penyakit jantung. Sedangkan makanan dengan kandungan gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan kerusakan gigi. Sehingga, kedua jenis makanan ini perlu dibatasi dan dikonsumsi secukupnya.

0 Komentar