Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat

Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat
Tips Makan Bergizi, Menjaga Pola Hidup Sehat
0 Komentar

5.Kurangi makanan bergaram

Sama halnya seperti gula dan lemak jenuh, garam juga berbahaya jika takaran konsumsinya tidak diperhatikan. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah tinggi sehingga berpotensi terkena penyakit stroke dan penyakit jantung. Demi hidup yang lebih sehat, Anda bisa mengganti garam biasa dengan pilihan garam khusus yang lebih sehat maupun dengan racikan bumbu dapur alami lainnya untuk mengganti rasa asin pada masakan.

BACA JUGA : Penanganan Gizi Buruk dan Stuntingdi Cianjur Harus Multisektor

Jenis Pilihan Makanan Sehat

Makanan bergizi, dan murah beberapa jenis makanan sehat yang bisa jadi pilihan dan baik untuk dikonsumsi setiap hari:

  • Sayur-sayuran
    Sayuran hijau adalah makanan sehat peringkat pertama karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, antara lain:
  • Brokoli
    Sayuran yang satu ini kaya akan serat, kalsium, kalium, folat dan fitonutrien. Zat ini adalah senyawa yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Brokoli juga mengandung vitamin C, antioksidan, serta beta-karoten. Satu porsi brokoli, yaitu sebanyak 100 gram dapat memberi kamu lebih dari 150 persen asupan vitamin C harian yang disarankan.
  • Kale
    Ada berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalam daun-daun Kale. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dimiliki Kale, dan menurut Departemen Kedokteran Amerika Serikat (USDA), kale juga mengandung sejumlah besar vitamin K, yaitu sebanyak 817 mikrogram atau 778 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

BACA JUGA : Dukung Gizi Seimbang untuk Anak, Danone Indonesia Luncurkan Lagu “Isi Piringku”

  • Sayuran Berdaun Hijau
    Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam atau kubis, dapat secara signifikan menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Bayam, misalnya, sangat kaya akan antioksidan, terutama ketika direbus. Bayam juga merupakan sumber vitamin A, B6, C, E, dan K yang baik.
  • Buah-buahan
    Buah-buahan juga sangat penting dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Berikut ini buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi: Apel, karena memiliki kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan lain Jeruk, yang kaya vitamin C. Alpukat, yang memiliki kandungan tinggi lemak sehat, kalium, dan vitamin C. Pisang, sebagai salah satu sumber kalium. Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi serta rendah kalori.
0 Komentar